PLN Kudus Tunggu Instruksi Pemerintah, Terkait Pencabutan Subsidi Listrik 900 VA

oleh -1,039 kali dibaca
image
( foto ilustrasi )

Kudus, isknews.com – PLN area Kudus masih menunggu instruksi pemerintah, terkait rencana pencabutan subsidi listrik untuk pelanggan 900 volt ampere (VA) per 1 Juni 2016 mendatang. Hal itu disampaikan koordinator humas PLN area Kudus Susanto, Rabu (13/4).

Dirinya menerangkan, sampai saat ini PLN area Kudus masih belum menerima instruksi berapa jumlah pelanggan yang terkena imbas dari kebijakan baru tersebut. Berdasarkan data yang ada saat ini terdapat 4.588 pelanggan di Kudus yang menggunakan daya listrik 900 VA.
“Meskipun begitu nantinya belum tentu semua terkena imbasnya, nanti tetap melalui mekanisme siapa saja yang berhak dan tidak berhak mendapatkan subsidi,” kata Susanto.

Susanto mejelaskan, penentuan pelanggan yang berhak mendapatkan subsidi dilakukan PLN pusat, PLN area Kudus hanya melakukan survei tentang kelayakan mendapat subsidi. “Survei sudah kami laksanakan sejak Januari hingga Maret 2016. Datanya sudah kami kirin ke pusat tinggal kita tunggu saja hasilnya nanti,” jelasnya.

Seperti diketahui PLN berencana mencabut subsidi listrik untuk pelanggan 900 VA yang diperkirakan mulai per 1Juni atau 1 Juli 2016.

Rencana tersebut mendapatkan perhatian serius dari masyarakat, karena banyaknya jumlah pelanggan yang akan dicabut subsidinya, yakni mencapai 18 juta pelanggan.

Padahal, berdasarkan dataTim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan total pelanggan 900 VA sebanyak 22 juta orang. Artinya hanya 4 juta pelanggan saja yang berhak menerima subsidi, termasuk pelanggan yang ada di Kudus. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :