PLN UP3 Kudus Pastikan Pasokan Listrik Aman Jelang Natal dan Tahun Baru 2020

oleh

Kudus, isknews.com – Sebagai unit yang memiliki jaringan panjang terluas se Jawa tengah dan DIY. PLN UP3 Kudus dengan cakupan 8 Unit Layanan Pelanggan (ULP) atau Rayon di 5 Kabupaten yakni Kudus, Pati, Jepara, Rembang dan Blora menyatakan kesiapannya mengamankan pasokan listrik jelang Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Dijelaskan oleh  Manajer Bagian Jaringan Listrik UP3 PLN Kudus M. Gati Jayeng Wibowo, PT PLN menyiagakan ratusan petugasnya yang tersebar di wilayah kerjanya tersebut dengan akan melaksanakan apel siaga persiapan pergantian tahun  dan Natal.

TRENDING :  Undang Stakeholder Se Area Kerjanya, PLN UP3 Kudus Serap Masukan Dan Saran Perbaikan Kinerja

 “Kita akan lakukan gelar pasukan di Kudus pada hari Kamis depan, di mana nanti ada sekitar 21 tim dari pelayanan teknik dengan 8 kru tambahan dari petugas pemeliharaan dan 1 petugas khusus PDKB namanya,” ujar Gati dihadapan sejumlah awak media, Jumat (13/12/2019).

Menurutnya tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) adalah semacam petugas Kopassus nya PLN dimana mereka bisa bekerja tanpa harus memadamkan jalur listrik.

 Manajer Bagian Jaringan Listrik UP3 PLN Kudus M. Gati Jayeng Wibowo (YM/YM)

“Jadi listrik yang bertegangan 20 KVA  itu tetap dalam kondisi menyala saat dilakukan perbaikan  oleh mereka. Tentu saja mereka juga dilengkapi peralatan khusus,” terang dia.

TRENDING :  Hutan Di Perbatasan Dua Desa Di Wilayah Kec.Gebog Kab.Kudus Terbakar

Antisipasi-antisipasi khusus atas padamnya listrik pada perayaan Natal dan tahun baru itu kemungkinan akan berlanjut sampai Januari.

Lebih lanjut Gati mengatakan sebagai salah satu strategi operasi, upaya yang dilakukan PLN adalah melakukan prediktif maintenance, yakni melakukan perintisan pohon dan pemeriksaan jaringan, khususnya di titik rawan yang berpotensi sebagai penyebab gangguan.

Selain itu PLN juga melakukan upaya korektif maintenance, yakni melakukan percepatan penyelesaian gangguan yang terjadi akibat faktor alam seperti hujan, sambaran petir dan kerubuhan pohon.

TRENDING :  Hari Pelanggan, PLN Kudus Bertebar Senyuman

“Untuk pemeliharaan rutin saat ini sudah kami hentikan dan hanya fokus melakukan upaya prediktif dan korektif maintenance. Jadi jika ada padam listrik, itu bukan karena adanya pemeliharaan, murni karena gangguan”, jelas dia.

Guna memastikan percepatan penyelesaian gangguan akibat faktor alam, PLN sudah menyiapkan Ratusan  petugas teknik yang akan siaga 24 jam. Petugas tersebut mulai disiagakan sejak tanggal 18 Desember 2019 sampai hingga 7 Januari 2020 nanti.

“Apabila nantinya listrik padam, petugas kami 24 jam akan bergerak cepat melakukan perbaikan. Mau pagi, siang, malam bahkan dini hari pun petugas kami akan langsung perbaiki”, jelas dia. (YM/YM)


KOMENTAR SEDULUR ISK :