PMI Kudus Salurkan Bantuan Korban Musibah Kebakaran

oleh
Dokumentasi PMI Kudus

Kudus, ISKNEWS.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus kembali melakukan kegiatan kemanusiaan untuk membantu korban kebakaran rumah.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh petugas markas dan relawan PMI Kudus untuk kedua pemilik rumah di Desa Menawan dan Mejobo, Senin (5/8/2019).

“Kami datangi pemilik rumahnya, yang pertama, Bapak Hardiyana Alex, warga Desa Menawan RT. 2/1 Kecamatan Gebog Kudus, kedua, Bapak Wakirin, warga Desa Mejobo RT. 6/4 Kecamatan Mejobo Kudus,” jelas Ketua PMI Kudus, Rina Budi Aryani melalui Sekertarisnya, Imam Santoso kepada wartawan.

TRENDING :  UPT Puskesmas Ngembal Kulon Kudus, Jadi Puskesmas Pertama Yang Punyai Pelayanan Akupresur

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya memberikan bantuan berupa uang tunai senilai Rp 1 juta, hygiene kit, beras 50 kilogram dan terpal.

Imam menceritakan kronologi saat kebakaran yang meluluh lantahkan sebagain rumah korban. “Di Mejobo kejadiannya satu pekan lalu. Kebakaran disebabkan pemilik rumah lupa mematikan api di tungku. Diperkirakan api merambat ke tumpukan kapuk dan membakar sebagian rumah Wakirin. Beruntung tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Istimewa

“Begitu juga dengan kebakaran rumah yang terjadi di Menawan pada 1 Agustus lalu. Kondisi rumah kedua korban kebakaran cukup parah. Beruntungnya, saat kejadian tidak ada korban jiwa,” imbuhnya.

TRENDING :  20 Kios Baru Pedagang Lentog Belum Difungsikan

Dengan bantuan tersebut, Imam Santoso berharap korban dan keluarga bisa menerima keadaan dan kembali semangat menjalani hidup. Dituturkannya, bantuan untuk korban kebakaran ini merupakan salah satu progam tanggap bencana dari PMI Kudus.

Pada awal tahun hingga bulan Juli ini sudah banyak bantuan yang disalurkan pihaknya ke puluhan korban bencana di Kudus. “Bantuan yang kami berikan tahun ini lebih besar dari sebelumnya. Jika ditahun sebelumnya kami berikan uang tunai senilai Rp. 600 ribu, tahun ini naik menjadi Rp. 1 juta.  Semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi,” harapnya.

TRENDING :  Dimeriahkan dengan Tari Sufi Kecamatan Mejobo Menjadi Penutup Dakwah di Kabupaten Kudus

Meningat, pada bulan dana PMI tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan yakni sekitar 300 persen dari tahun sebelumnya. Dengan target bulan dana sebesar Rp. 1,62 miliar itu, Imam Santoso berharap dana yang terkumpul dari bulan dana bisa tersalurkan sepenuhnya untuk masyarakat. “Semoga kedepan manfaat PMI bisa lebih dirasakan oleh masyarkat,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :