Politeknik Kudus Gagas Program Kuliah Sambil Kerja, Gandeng 4 Perusahaan

oleh -923 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Politeknik Kudus mengadakan Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama 4 perusahaan mitra, diant

aranya Mubarokfood Cipta Delicia, PT. Mitra Pengusaha Indonesia, UD Roti Sehat Kenzo dan UD Kebab bossque & pisang goreng keju 31.

Penandatanganan dilaksanakan di Aula PT Mubarokfood Cipta Delica, Jalan Sunan Muria No. 27 Kudus, Kamis (27/5/2021) oleh Direktur Politeknik Kudus Trisno Suwandi, S.Pd, MM dengan pemilik Mubarokfood Cipta Delica, Muhammad Hilmy, SE, pimpinan PT Mitra Pengusaha Indonesia Viktor Adhitya, SH, pemilik UD Roti Sehat Kenzo Rr, Rani Diah Susanti, SH dan pemilik UD Kebab bossque & pisang goreng keju 31, Dr. Sukresno, S.H., M.Hum.

Acara yang tetap mematuhi protokol kesehatan itu, dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kudus Dra. Rini Kartika Hadi Ahmawati, MM, Ketua Yayasan Muria Bina Insan Mulia Dr. Sukresno, MH, para dosen serta perwakilan mahasiswa.

Direktur Politeknik Kudus Trisno Suwandi menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam atas kesediaan keempat perusahaan tersebut menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi yang dipimpinnya. Selain memberi kesempatan mahasiswa Politeknik Kudus praktek lapangan. Kerja sama ini adalah program kuliah sambil kerja (KSK), yaitu para karyawan yang lulusan SMA sederajat mendapat kesempatan mengikuti kuliah di Politeknik Kudus. Sehingga, meski tetap bekerja namun juga dapat mengikuti perkuliahan yang waktunya bisa diatur dengan fleksibel.

“Mengingat saat ini masih masa pandemi Covid 19, tentunya praktek akan tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Namun yang pasti, kualitas pendidkan politeknik yang menggunakan sistem paket, 30 persen teori dan 70 persen praktek tidak akan mengurangi kualitas perkuliahan. Kepada para pekerja di empat perusahaan tersebut, juga mendapat kesempatan menjadi mahasiswa di Politeknik Kudus” ujar Trisno Suwandi.

Politeknik Kudus Siap Hadapi Dunia Kerja

Politeknik Kudus menyiapkan lulusannya siap menghadapi dunia kerja. Hal ini dikarenakan selama proses pembelajaran, lulusan politeknik telah terbiasa secara langsung dengan atmosfer kerja, yaitu dengan lebih banyak praktek 70 persen praktek 30 persen teori.

Dengan begitu lulusan politeknik diharapkan lebih minim mengalami kebingungan meski fresh graduate. Oleh karena itu, Politeknik Kudus berupaya menggandeng dunia usaha sebagai tempat magang para mahasiswanya. Serta, progam kuliah sambil kerja (KSK).

“Hal ini sebagai langkah nyata yang dilakukan Politeknik Kudus melakukan Memorandum of Understanding (MOU) atau perjanjian kerja sama dengan beberapa perusahaan, antara lain PT Mubarokfood Cipta Delica, PT Mitra Pengusaha Indonesia, UD Roti Sehat Kenzo dan UD Kebab bossque & pisang goreng keju 31.

Diketahui, Politeknik Kudus saat ini sedang proses penerimaan mahasiswa baru membuka 3 prodi, yaitu D3 Kebidanan, D4 Gizi Klinis dan D4 Bisnis dan Manajemen Ritel. Selain menawarkan program perkuliahan reguler, juga menawarkan program Kuliah Sambil Kerja dengan tujuan, membantu mahasiswa yang memiliki minat kuliah, tetapi kurang mampu membayar uang kuliah. Program KSK juga membantu mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan, meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan, serta link and match perguruan tinggi dengan industri.

Sementara pemilik Mubarokfood Muhammad Hilmy melalui Kepala Human Resource Division (HRD), Meilany mengatakan pihaknya sangat bangga sekali karena sudah diajak kerjasama dengan pihak Politeknik Kudus. Di Mubarokfood, lanjut Meilany, selain praktek langsung pembelajaran dari sisi akademisnya juga mahasiswa dididik untuk bagaimana bisa berwirausaha.

Setelah adanya kerjasama ini, pihaknya terbuka lebar untuk Politeknik Kudus terkait mahasiswa yang magang, penelitian hingga bukan tidak mungkin bisa rekruitmen tenaga kerja, “Mudah-mudahn program ini bisa menjadi nilai tambah untuk mahasiswa, dan jika dari karyawan kami ada yang ingin kuliah bisa kita rekomendasikan untuk belajar di Politeknik Kudus yang waktunya fleksibel,” paparnya.

Kebetulan Mubarokfood sedang merayakan ulang tahun ke 4 Museum Jenang dan Gusjigang, “Semoga kedepan Mubarokfood dengan Museum Jenang dan Gusjigang-nya menjadi tempat tujuan Destinasi wisata edukasi dan religi di Kudus. Semoga juga pandemi ini segera berakhir, supaya masyarakat dan semua sektor bisa hidup normal kembali,” doanya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kudus, Marti. Dalam sambutannya Ia memberikan selamat kepada Politeknik Kudus yang telah MoU dengan 4 mitra usaha.

“Harapan kita kerjasama ini tidak berhenti disini, melainkan melebarkan sayap dan menggandeng mitra yang lain,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :