Polres Pati Bersama FKUB Laksanakan Workshop Menangkal Radikalisme

oleh -811 kali dibaca

Pati,isknews.com – (01/04) Kepolisian Resor Pati dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) mengadakan kegiatan Workshop Menangkal Radikalisme Terorisme Berbasis Agama bertempat di gedung Marta Brata Mapolres Pati Kamis (31/03) berjalan lancar.

Acara yang diikuti dari komu12932847_805472906251353_7013074649629246292_nnitas lintas Agama dan perwakilan dari Pondok Pesantren yang ada diwilayah Kabupaten Pati Mengambil tema ” Karena Agama orang bisa memberi maaf”

Dalam kegiatan Workshop Hadir sebagai nara sumber AKBP Drs. M. Toha, MM ( Polda Jateng) dan Prof, Dr. H. Mujahirin, M.Si (Ketua FKUB Jateng) kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi atau menangkal berkembangnya Paham Radikalisme dan terorisme yang berada diwilayah kerja Kepolisian Resor Pati.

Menurut hasil riset center for the study of religion and cultur (CSRC) UIN Syarif Hidayatullah yang disampakan oleh nara sumber” Radikalisme Agama telah berlangsung secara ektensif sejak tumbangnya rezim orde baru tahun 1998, ditandai dengan munculnya kelompok-kelompok islam garis keras. Kelompok garis keras aktif dan sistematis mengusung dan memperjuangkan Khilafah Islamiah ( Negara Islam),sebagianya lagi memperjuangkan formalisasi Syariah Islam melalui tangan kekuasaan.dalam mewujudkan agenda dan idiologinya, mereka cenderung menyetujui jalan jihat yang diartikan perang suci, dan jalan kekerasan atas nama agama, bahkan aksi-aksi teror.

Adapun faktor pemicu kekerasan keagamaan adalah masalah sosial ekonomi, masalah pengabaian hukum, masalah politik, saling mencurigai antat umat beda Agama yaitu pemahaman dan pengetahuan keagamaan dalam kontek negara.(war)

KOMENTAR SEDULUR ISK :