Potensi Agrowisata Nanas di Pedawang, Bupati Hartopo Dorong Bentuk BUMDes

oleh -1,263 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Potensi agrowisata nanas digadang-gadang menjadi magnet baru di Desa Pedawang. Hal tersebut disampaikan Bupati Kudus Hartopo saat membuka launching Desa Wisata di Pedawang, Kamis (23/12/2021). Pihaknya mengapresiasi inovasi dari Pemerintah Desa Pedawang.

Hartopo mendorong kepala desa memaksimalkan potensi yang ada di Pedawang. Destinasi yang berpotensi menjadi tempat wisata harus dikembangkan. Setiap tahun harus ada progres nyata dan tidak boleh hanya sekedar seremonial. Kepala desa diminta menjadi manajer dan merangkul semua elemen dalam mengembangkan rintisan desa wisata.

“Sudah menjadi rintisan desa wisata, saatnya mengembangkan. Kami akan pantau terus dan setiap tahun harus ada progres. Jangan sampai ada yang mangkrak dan hanya jadi ‘duwe-duwenan’ thok,” ujarnya.

Pihaknya meminta pengembangan infrastruktur seperti mempermudah akses destinasi perlu dilakukan. Sehingga mengundang wisatawan luar daerah berkunjung ke Pedawang. Hartopo menilai eksistensi UMKM berbahan dasar nanas yang dikembangkan masyarakat telah baik.

Selanjutnya, bupati mendorong kepala desa membentuk BUMDes sebagai wadah untuk produk dari Pedawang. Sehingga dapat meningkatkan PADes dan mewujudkan desa yang mandiri.
“BUMDes penting untuk menjadi wadah profit desa. Apa yang bisa diproduksi dan menyejahterakan masyarakat dikembangkan. Pengelolaannya juga harus baik,” ucapnya.

Hartopo sempat meninjau pertanian nanas yang kelak menjadi agrowisata di Pedawang. Pihaknya juga menyerahkan SK Desa wisata kepada kepala desa Pedawang,  Karangrowo, Ngemplak, dan Klaling. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :