PPKM Skala Mikro di Kudus, Jogo Tonggo Bakal Dioptimalkan

oleh -105 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro mulai besok. Dalam pelaksanaan PPKM skala mikro ini, Pemkab Kudus akan mengoptimalkan program Jogo Tonggo.

Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, Sesuai arahan Mendagri, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai dilakukan 9 Febuari hingga 22 Febuari mendatang. Tak hanya sampai di desa, zonasi penyebaran akan dipetakan hingga tingkat lingkungan terkecil yakni RT-RW.

“Mendagri meminta kabupaten/kota melaksanakan PPKM mikro. PPKM yang memfokuskan pemantauan di desa ini menjadi solusi agar tracing penularan berjalan dengan cepat. Apalagi, Sebelumnya Gubernur Jawa Tengah telah menginisiasi Jogo Tonggo untuk pemantauan Covid-19 di tingkat RT dan RW. Kedua kebijakan tersebut dapat saling mengisi sehingga pemantauan optimal,” terangnya usai menjalani vaksinasi tahap kedua di RSUD Kudus, Senin (8/2/2021).

“Ini sebenarnya hampir sama dengan Jogo Tonggo. Jadi nanti pelaksanaannya tinggal mengoptimalkan kinerjanya saja, Tengah kami petakan,” imbuhnya.

Hartopo menyampaikan zonasi hijau, oranye, dan merah dilaksanakan hingga ke tingkat desa. Jadi kalau ada peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan di satu desa, kepala desa dapat langsung melakukan semacam “lockdown lokal”. “Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat juga lebih tepat sasaran,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :