Prajurit TNI Bantu Petani Desa Bungasrejo

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Wujud bakti kepada masyarakat, jajaran Koramil Jakenan turut membantu dan melangsungkan pendampingan panen padi di Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan, Pati, Minggu (03/09/2017) siang. Diharapkan, dengan membantu petani di Bumi Mina Tani yang merupakan salah satu lumbung padi di Nusantara, kebutuhan beras dapat terpenuhi secara maksimal.

“Ini merupakan upaya mewujudkan swasembada pangan, dengan pendampingan Babinsa pada petani, mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan panen, maka pada sekarang ini dapat menghasilkan padi yang baik,” ungkap Dandim 0718 Pati, Letkol Inf Andri Amijaya Kusumah melalui Bati Tuud Ramil Jakenan Pelda Gunodo, Senin (04/09/2017).

Meski sempat terkendala pengairan akibat musim kemarau, lanjut dia, tetapi dengan pendampingan kepada petani yang terus menerus, masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik, terbukti dengan melimpahnya panen.

TRENDING :  Musim Tanam II Petani Berharap Panen Nantinya Pemerintah Mudahkan Hasil Panen Masuk Ke Bulog Harga Nasional

“Di sawah seluas 0,8 hektare itu, panen padi yang dapat dihasilkan bisa mencapai 5,3 Ton. Kendalanya paling masalah pengairan yang memasuki musim kemarau, sehingga air sulit didapatkan tetapi dengan kesabaran semua dapat diatasi dengan baik,” jelasnya.

TRENDING :  Dikebut, Revitalsiasi Pasar Juwana baru Lima Persen

Sementara itu, pemilik sawah Santoso mengatakan, sangat senang dengan adanya babinsa yang terjun langsung ke lapangan, serta membantu para petani dan memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

“Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen tahun kali ini cukup bagus hingga tiga kali panen sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkatkan walaupun harga jual gabah saat ini menurun dari tahun kemarin” sebutnya.

TRENDING :  Prajurit TNI Serentak Do'akan Para Kusuma Bangsa

Pihaknya berharap, agar TNI terus membantu warga dalam segala bidang, terlebih di sektor pertanian. Sehingga, para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional, agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :