Produk Daur Ulang Asal Kudus ini Jadi Langganan Menantu Jokowi

oleh -1,449 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Produk Handmade berbahan daur ulang sampah di tangan terampil Sri Setuni (41) menjadi estetik dan bisa mendulang cuan.

Saat ditemui isknews.com, puluhan tas tertata rapi di etalase sebuah rumah yang berlokasi di Desa Jati Kulon RT 3 RW 2, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Sri sapaan akrabnya, menjelaskan, dirinya mengawali aktifitasnya dari adanya bank sampah pada 2012.

Ia memproduksi kerajinan dari daur ulang sampah plastik. Kerajinan yang dihasilkan di antaranya tas jinjing, tas ransel sekolah, waist bag, totebag, tas laptop, dompet, bros, tempat pensil, tempat tisu, tas laundry, sepatu, pajangan, bunga, baju, tatakan piring, kursi dari botol bekas, dan tikar.

“Produk-produk ini saya buat dari sampah rumah tangga yang tidak layak jual. Sampah tersebut seperti kantong plastik, bungkus makanan, bungkus minuman sashet, botol plastik bekas, bungkus minyak goreng, sedotan, dan masih banyak lagi,” beber pemilik Seruni Handmade sekaligus Manajer Bank Sampah desa Jati Kulon itu, Minggu (18/9/2022).

Dirinya tak menyangka jika produknya dipesan dan menjadi langganan Walikota Medan Bobby Nasution.

“Pada September 2021 lalu, saya mendapatkan pesanan pertama berjumlah 600 pcs. Rincinya 400 pcs tas ransel dan 200 pcs tas laptop, yang berasal dari bungkus kemasan,” ujarnya, Minggu (18/9).

Dirinya menceritakan, awalnya di hubungi dari asistennya menantu Presiden Jokowi tersebut.

”Info dari asistennya pak Bobi saat dihubungi, produk yang dibeli untuk merchandise acara (waktu itu) yang bertemakan lingkungan. Seperti Hari Bumi dan acara tentang lingkungan lainnya,” ujarnya.

Sri tidak pernah tahu bagaimana produknya itu bisa sampai diminati menantu Jokowi. Namun, dia mengaku bangga produk buatannya bisa dikenal luas. “Bangga lah mas, produk buatan sendiri bisa dikenla luas, apalagi yang pesan orang penting di negeri ini,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :