Puluhan Ribu Bibit Cabai Dibagikan Cuma-cuma

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Dinas Ketahanan Pangan Pati, bagi 30 ribu bibit cabai kepada warga di Dukuh Kemiri, Desa Sarirejo, Kecamatan/Kabupaten Pati, Kamis (30/3/2017) pagi. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya Gerakan Nasional Menanam Cabai di Pekarangan. Apalagi, sekarang ini harga cabai di pasaran sedang tinggi-tingginya.

Kegiatan tersebut, merupakan tindaklanjut kesepakatan bersama Tim Penggerak Provinsi Jateng, Dinas Ketahanan Pangan Pati, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jateng.

“Pengembangan kami serahkan kepada PKK untuk membina ibu-ibu agar memusatkan penanaman di pekarangan rumahnya masing-masing. Dengan begitu, kemandirian warga bisa terwujud,” ungkap Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pati, Silvinus Sibabhoka.

TRENDING :  Forum Pesisir Pati Desak Penyelesaian Kasus Mangrove di Desa Keboromo

Selain itu, bibit cabai itu merupakan bibit terbaik BPTP Ungaran dengan memberdayakan warga. Sehingga, ketersediaan bahan pokok cabai di masyarakat bisa terpenuhi.

TRENDING :  Tiga Rumah di Desa Agungmulyo Habis Diamuk Kobaran Api

“Tanaman cabai secara umum bisa bertahan selama tujuh bulan, sampai satu tahun. Kalau sudah berbuah supaya secara bertahap menjaganya, jadi peremajaan tanaman bisa terjaga,” jelasnya.

Disisi lain, Ketua Tim Penggerakan PKK Pati, Musus Indarnani Haryanto mengaku, kegiatan ini sangat bermanfaat. Karena bisa membantu memutar roda ekonomi masyarakat bawah dengan memanfaatkan lahan yang ada.

TRENDING :  BKM Barokah Kelurahan Kalidoro Gelar Pelatihan Pengelolaan Limbah

“Menanam cabai di pekarangan rumah, bisa menjadi solusi mahalnya harga cabai sekarang ini. Jadi, warga akan merasa terbantu dengan adanya program ini,” tandasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.