Puluhan Warga Kudus Diedukasi Pembuatan Kefir dan Yogurt

oleh -459 kali dibaca
Foto: istimewa

Kudus, isknews.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kudus mengadakan pelatihan membuat Kefir dan yogurt. Kegiatan pelatihannya di buka langsung oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo di aula Dispertan Pangan Kudus, Kamis (25/03/2021).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto mengatakan, pelatihan yang diikuti 30 peserta itu berasal dari pengusaha susu perah, para koordinator penyuluh pertanian dan anggota PKK.
“Oleh karena itu, nanti para peserta diharapkan bisa mengikuti pelatihan membuat Kefir dan yogurt di rumah masing-masing. Yogurt ini juga bermanfaat memperbaiki pencernaan, daya kalsium tinggi baik untuk tulang dan meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah penularan covid19 ,” terangnya

Sementara Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo berharap para ibu rumah tangga diharapkan agar memberikan susu murni untuk anaknya, bukan susu yang sudah berubah bentuk karena berbagai macam perlakuan. Sebab manfaat susu murni ini sangat baik untuk perkembangan anak-anak.

“Saya sudah membuktikan sendiri di rumah. Anak saya minum susu murni membuat pertumbuhannya baik dan padat. Begitu juga dengan saudara saya. Sebelum mengkonsumsi susu murni, penangkapan pelajaran agak lambat. Namun setelah rutin konsumsi susu murni , kecerdasannya lebih baik. Kenapa saya sampaikan susu murni, karena sekarang banyak beredar susu campuran dan bahkan ada gula cream kental saja ,” kata Mawar Hartopo saat menyampaikan sambutan.

Lebih lanjut istri Plt Bupati Kudus ini mengapreasiasi kinerja dan program Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus yang dipimpin Catur Sulistiyanto.

Sebab kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya sesaat sebagai implementasi anggaran. “Tapi di Dinas Pertanian dan Pangan ini programnya berkelanjutan. Misalnya, ada pelatihan budidaya budikdamber. Setelah beberapa waktu lalu dilakukan, dan ini mau tak tanyakan perkembangannya, Pak Catur sudah langsung menyampaikan bisa panen. Besok pagi panen budikdamber di Puyoh bu. Dan pekan kemarin juga sudah melakukan pelatihan pengolahan ikan. Terus terang saya mengapresiasi sekali. Dan bagaimanapun PKK akan selalu bersama dalam Ketahanan pangan ,” tukasnya bertepuk tangan sambil mengajak semua undangan.

Hadir pada kegiatan ini, seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Kudus, Ketua DWP Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Ibu Erwin Catur Sulistiyanto dan narasumber Dr Sri Mulyani S.Pt Msi ( Dosen Teknologi Pangan Fakultas Peternakan Pertanian UNDIP) bersama Hery Prayogo (owner Omah Kefir Ungaran). (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :