Punya Inovasi ini, Kudus Terima Anugerah Menteri Kesehatan

oleh
Foto : Dokumentasi Diskominfo Kudus

Kesehatan, ISKNEWS.COM – Kabupaten dengan luas wilayah terkecil di Jawa Tengah, Kudus, belum lama ini menerima Anugerah Menteri Kesehatan. Pemerintah Kabupaten Kudus dinilai sebagai daerah percontohan nasional penguatan sistem pencatatan kelahiran, kematian, dan penyebab kematian.

Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo menerima langsung penghargaan tersebut dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Letjen TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) di Auditorium Prof. Siwabesy, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (12/11/2019) pagi.

Kabupaten Kudus dinilai mampu memberikan informasi terkait perkembangan penduduk yang dimanfaatkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai data untuk pemberian program Pemerintah Pusat seperti Program Jaminan Kesehatan.

TRENDING :  Agustus 2019, Kelompok Bahan Makanan di Kudus Sumbang Inflasi 0,82 Persen

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, Hari Kesehatan Nasional 2019 mengusung tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Pihaknya menggarisbawahi pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) agar Indonesia menjadi bangsa yang maju sekaligus memiliki generasi yang sehat.

“Sesuai cita-cita Bapak Presiden Joko Widodo, lima tahun mendatang Pemerintah Pusat secara serius untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul, mampu menghadapi tantangan global, dan sehat,” ungkapnya.

Selain itu, Menteri Terawan Agus Putranto membeberkan, Kementerian Kesehatan sangat berterima kasih kepada seluruh elemen yang terus berjuang untuk mewujudkan Indonesia Sehat. Berbagai jenis penghargaan yang diterima oleh institusi, kabupaten/kota, dan tokoh inspiratif kesehatan merupakan stimulan agar budaya atau perilaku hidup sehat terus ditingkatkan oleh masyarakat sehingga kesejahteraan sosial maupun mental dapat terwujud. “Penghargaan ini nantinya kami harapkan sebagai pemicu bahwa untuk membangun Indonesia yang sehat dibutuhkan energi besar dari tangan anak bangsa,” terangnya.

TRENDING :  Jelang Lebaran Ketupat di Kudus, Harga Daging Stabil

Sementara itu, Plt. Bupati Kudus, H.M. Hartopo mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kudus yang terus berupaya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat Kudus. Penghargaan tersebut diharapkan menjadi langkah awal untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. “Kami sangat bersyukur mendapatkan Anugerah Menteri Kesehatan, kami ucapkan selamat untuk DKK. Yang jelas harapan kami DKK harus mampu memberikan pelayanan yang mudah, terjangkau, dan ramah kepada masyarakat Kudus,” jelasnya.

TRENDING :  Tak Berizin, Pembangunan Tower Operator Seluler di Peganjaran Hampir Rampung, Satpol PP Kudus Kecolongan?

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Joko Dwi Putranto, mengaku bersyukur bahwa pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, Kabupaten Kudus menerima Anugerah Menteri Kesehatan. Ia pun tak menampik adanya penghargaan tersebut bukanlah akhir segalanya, namun sebagai ajang untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat. “Alhamdulillah, tentu ini akan kami jadikan semangat, bukan akhir dari sebuah pencapaian,” ujarnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :