Raih 4 Medali Emas, 4 Perak dan 3 Perunggu Kudus Juara Umum Lomba MAPSI Jawa Tengah

oleh -1,224 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Kabupaten Kudus, dalam hal ini, Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga (Disdikpora) berhasil meraih juara umum lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) Ke-18 tingkat Provinsi Jawa Tengah 2015. Dalam lomba yang dilaksanakan di Wisma Haji Donohudan, Solo, itu, tim Kabupaten Kudus yang sebagian besar diwakili oleh UPT Pendidikan Kecamatan Kota, berhasil memenangkan 13 kejuraan, dengan perolehan medali, 6 emas, 4 perak dan 3 perunggu.

Dari 6 medali emas , 3 diantaranya didominasi oleh SD 2 Barongan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, untuk jenis lomba Khat, putra dan putri, yakni Rizal Abdulrahman, dan lomba Seni Kaligrafi putri, juga oleh Iffah Zakia Yasmin. Pada jenis lomba ini, Rizal meraih Juara II dengan menggondol medali perak. Kedua anak ini, sampai saat ini masih tercatat sebagai peserta didik klas-VI SD 2 Barongan. Satu medali emas lainnya didapat dari jenis lomba Mtq.

Untuk Juara II, dari 4 medali perak, 3 diantaranya juga didominasi oleh UPT Pendidikan Kecamatan Kota, yakni seklain lomba Seni Kaligrafi oleh SD 2 Barongan, masing-masing didapatkan dari jenis lomba Mapel PAI, oleh SD Nawa Kartika, dan lomba vocal rebana, oleh SD 1 Barongan, sati medali perak lainnya diperoleh dari jenis lomba cerita islami.

Sedangkan di kelompok juara III, diperoleh dari jenis lomba Khitobah putra dan putri, dan lomba seni tilawatil quran, putra.

Empat Tahun Berturut-turut

Kepala SD 2 Barongan, Kudus, Noor Afthina S Pdi, yang dihubungiisknew.com, Jumat (20/11), mengatakan, gelar juara I lomba Kaligrafi yang diraih sekolahnya, di tingkat Provinsi Jawa Tengah, untuk kelompok putri, adalah untuk yang keempat kalinya. “Sejak 2011, peserta didik kami,selalu berhasil meraih juara I lomba MAPSI tingkat Provinsi Jateng, untuk jenis lomba Kaligrafi. Sedangkan untuk kelompok putra, baru tahun ini.”

Menurut dia, iffah Zakia Yasmin, sudah sejak klas III, menekuni seni kaligrafi, sehingga karena bakatnya itu, pada tahun 2011 itu, putri pertama dari Luqman Hakim dan Zaenab Rafitri itu, sudah mulai ikut lomba, dan meraih medali emas di tingkat provinsi. Sementara untuk Rizal, putra tunggal Muhammad Yusuf dan Eni Hidayati, mulai belajar Kalgrafi sejak klas 4.

“Di SD 2 Barongan ini, kaligrafi menjadi salah satu pelajaran ekstra kurikuler, yang pembimbingnya adalah saya sendiri, dibantu oleh tiga orang guru, yakni Faizah, Ali Rahman dan H N Sukron.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :