Dievakuasi Ke Donohudan, Pasien Isolasi Mandiri Covid-19 di Kudus

oleh -2.547 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Rapat terbatas (ratas) terkait langkah penanganan Covid 19 yang terjadi di Kudus dihadiri Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letjen TNI Ganip Warsito, didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Minggu (6/6/2021).

Dikonfirmasi usai rapat terbatas, Bupati Kudus HM Hartopo menyebut jika rombongan Kapolri dan Panglima TNI memberikan arahan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Ia juga mendapatkan pesan khusus terkait penanganan warga yang terkonfirmasi positif dan sedang melakukan isolasi mandiri bakal dirawat di asrama haji Donohudan.

“Untuk mengisolasi mandiri yang dirumah akan segera dievakuasi. Tidak boleh diisolasi dirumah, rencana di Donohudan, Boyolali (asrama haji),” katanya.

Namun demikian, tidak semua warga akan dipindahkan ke Donohudan, Boyolali. Tempat isolasi terpusat di Kabupaten Kudus juga akan dioptimalkan. Di Kudus sendiri, lanjut Hartopo, saat ini ada seribu lebih warga yang terkonfirmasi positif dan melakukan isolasi mandiri.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo menjelaskan, Asrama Haji Donohudan memiliki kapasitas tampung sebanyak 800-an orang. Yang sudah terisi kini ada sekitar 109 warga dari Solo dan sekitarnya.

“Jadi masih bisa menampung 700-an. Semoga lebih cepat penangananya,” ujarnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :