Ramadhan di Rutan Kudus, Tiap Hari Warga Binaan Gelar Tadarus dan Bisa Khatam Quran Berkali-kali

oleh -145 kali dibaca
Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Kudus antusias mengikuti kegiatan keagamaan. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Bulan Suci Ramadhan menjadi bulan penuh pengampunan yang sangat dinanti oleh umat Islam seluruh dunia, tak terkecuali bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Kudus. Mereka (warga binaan muslim) tak mau ketinggalan memanfaatkan bulan penuh berkah itu.

“WBP kita yang muslim dipadatkan dengan berbagai kegiatan keagamaan, selain sholat wajib  berjamaah, tarawih berjamaah pada malam hari, juga ada tadarus Al-Quran dan latihan rebana pada pagi harinya,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Kudus, Suprihadi, Senin (11/4/2022).

Dia menjelaskan, kegiatan keagamaan di Rutan Kudus memang sudah rutin dilaksanakan, namun khusus di bulan Ramadhan kegiatannya bertambah.

Padatnya kegiatan keagamaan tersebut merupakan komitmen Rutan Klas IIB Kudus untuk terus dan tetap memberikan kualitas pelayanan yang terbaik kepada WBP.

“Tujuannya, untuk meningkatkan iman dan takwa serta peningkatan perbaikan kualitas sikap dan perilaku terutama di bulan suci Ramadhan bagi warga binaan,” ujarnya.

“Dari 145 warga binaan memang tidak seluruhnya dilibatkan. Sekitar 50-an warga binaan dilibatkan dalam tarawih dan tadarus. Hal itu untuk mempertimbangkan keamanan juga,” tambahnya.

Sementara salah satu warga binaan, Aprianto, mengaku senang mendapat asupan rohani melalui bermacam kegiatan di Rutan. Dia juga mulai rutin menjalankan sholat, puasa dan belajar membaca Al-qur’an.

“Rutinitas bernuansa religius hampir tak pernah saya lakukan sebelumnya. Alhamdulillah mulai berbenah,” kata Aprianto  yang baru sebulan ini dia ditahan karena kasus narkoba.

Ia berharap tak lagi mengulang kesalahan yang akhirnya membuatnya kembali masuk jeruji besi.

‘Semoga dengan disini, saya bisa bertaubat dan tidak lagi mengulangi hingga masuk bui lagi,” paparnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :