Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Realisasi Anggaran (TEPRA) tahun 2019

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dianggap berkinerja maksimal atau mampu berkinerja jika telah maksimal dalam melakukan penyerapan anggaran yang telah disepakati untuk merubah geliat baik perekonomian maupun infrastruktur suatu Daerah. Oleh karena itu, Koordinasi antar OPD kepada Pimpinan dari hasil penyerapan anggaran yang telah terealisasi sangatlah penting dilakukan untuk mengevaluasi seberapa optimal realisasi serapan tersebut.

Bertempat di Command Center Diskominfo Kabupaten Kudus, pagi ini (20-09-2019) berlangsung Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Realisasi Anggaran (TEPRA) tahun 2019, acara tersebut dihadiri oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Sekda Kabuoaten Kudus Sam’ani Intakhoris, dan seluruh Kepala OPD dilingkungan Kabupaten Kudus.


Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dianggap berkinerja maksimal atau mampu berkinerja ( Foto : Istimewa )

Rapat diawali oleh paparan dari Sekretaris daerah kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris, dalam paparan tersebut, dirinya menyampaikan progres Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan progres realisasi belanja daerah sampai bulan September.

TRENDING :  Ratusan Khatib Mendapat Penyuluhan Satukan Persepsi

Dalam penjelasanya, Samani mengatakan dirinya meminta setiap OPD untuk memacu kinerja agar realisasi dapat mendekati target yang telah di tentukan, Sebagai koordinator seluruh OPD dirinya juga menghimbau kepada seluruh OPD di lingkungan Kabupaten Kudus untuk memaksimalkan penyerapan APBD untuk mengkaji dan menginventarisasi setiap kegiatan yang akan dilakukan untuk memaksimalkan kinerja yang dilakukan.

“Tahap tahap pelaksanaan kegiatan harus melalui Dimensi, Spesifikasi, Mutu dan Kualitas, Administrasi yang harus dilakukan oleh setiap OPD. Oleh karena itu Saya menghimbau supaya untuk setiap OPD agar selalu komunikasi dan koordinasi guna menghasilkan kinerja yang maksimal” Jelasnya.

“Saran dari BPK adalah kita memprioritaskan dulu untuk belanja wajib yang harus dipenuhi dulu mandatorinya, yaitu infrastruktur, kesehatan, pendidikan agar maksimal secara penuh dari segi penyerapan” Ujarnya.

TRENDING :  Jangan Takut Laporkan Kendala Masalah Ekonomi Di Lingkungan Masyarakat

Plt Bupati Kudus HM Hartopo dalam kesempatan ini turut pula menanyakan pertanggung jawaban penyerapan anggaran kepada setiap OPD  ( Foto : Istimewa )

Kami mohon arahan dan masukan bapak bupati, sebagai bahan evaluasi yang akan kami kerjakan sesuai dengan track dan penyerapan sesuai dengan target yang telah di tetapkan”. Paparnya

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo dalam kesempatan ini turut pula menanyakan pertanggung jawaban penyerapan anggaran kepada setiap OPD untuk setiap target yang harus dipenuhi. dirinya juga menekankan agar selalu meningkatkan koordinasi dan komunikasi terkait penyerapan anggaran yang harus dipenuhi agar nantinya bisa dinilai optimal dalam kinerjanya untuk pelayanan masyarakat.

Dirinya pula mengevaluasi masing-masing instansi yang belum mencapai realisasi belanja daerah tepat sasaran, dirinya memberikan arahan guna memperbaiki kinerja instansi agar dibulan depan dapat terealisasi sesuai target yang telah di tentukan.

TRENDING :  Ternyata Masih Banyak Warga Kudus Yang Belum Tahu Tanggal Pencoblosan

“Saya harapkan agar koordinasi dan komunikasi ditingkatkan untuk memaksimalkan penyerapan anggaran, hal-hal yang perlu disampaikan terkait penyerapan anggaran harus segera direalisasikan” Jelasnya.

“Untuk menjadikan perhatian kepada setiap OPD agar selalu dalam berkinerja untuk melayani masyarakat harus dimaksimalkan, karena kita butuh kerja nyata yang bisa dirasakan oleh setiap masyarakat di kabupaten kudus ini, kita tidak perlu pencitraan untuk dinilai baik dalam bekerja, yang saya butuhkan adalah kerja nyata untuk mendapatkan hasil maksimal” Pungkasnya.

Perlu menjadi catatan, sejatinya penilaian baik dari Pimpinan Daerah ataupun masyarakat kepada setiap OPD adalah bagaimana cara mengoptimalkan dalam setiap serapan anggaran yang dilakukan untuk memenuhi target yang telah ditentukan (*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :