Ratusan Ibu-Ibu Dilatih Pemulasaran Jenazah Infeksius Oleh Fatayat NU Kudus

oleh -654 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kudus menggelar acara pemulasaran jenazah infeksius untuk ibu-ibu. Acara tersebut diadakan di Aula Gedung PC NU di Jalan Pramuka Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kudus, Jumat (2/7/2021).

Kegiatan ini mendapat respon baik, kesempatan ini tidak disia-siakan sejumlah ibu-ibu dari berbagi daerah di Kudus. Mereka datang menimba ilmu demi panggilan jiwa.

Ketua PC Fatayat NU Kudus Nik Hayati mengatakan, kegiatan pelatihan pemulasaran bagi jenazah wanita yang terpapar covid-19 ini didasari atas keprihatinan di lapangan yang terdampak pandemi.

“Pelatihan ini di ikuti 111 orang, dengan dua kali shif. Pelatihan pemulasaran jenazah khusus untuk jenazah perempuan,” jelas Nik saat ditemui awak media, Jumat (2/7/2021).

Pelatihan tersebut diadakan untuk mengantisipasi jika di lingkungan sekitar ditemukan kasus warga yang sedang menjalani isolasi mandiri meninggal dunia. Sehingga dilakukan pemulasaraan jenazah infeksius yang aman bagi petugas dan aman bagi lingkungan.

Bahkan jika dikemudian hari pihak Rumah Sakit manapun yang membutuhkan tenaga pemulasaraan jenazah perempuan, Fatayat NU siap membantu mengingat sangat langkanya tenaga pemulasaraan jenazah perempuan.

“Kebetulan dari fatayat ini banyak yang jadi modin, sebelum covid-19 sudah banyak yang memandikan jenazah,” tandasnya.

Sementara itu, Siti Chotimah salah satu peserta dari Wergu Wetan mengaku sangat antusia mengikuti pelatihan tersebut. Ketika nanti dibutuhkan memandikan jenazah perempuan dia mengaku siap.

“Saya siap, apalagi kemarin ibu saya meninggal karena covid-19. Saya berusaha belajar untuk memandikan jenazah covid-19,” katanya.(yy/ym)

KOMENTAR SEDULUR ISK :