Ratusan Siswa Jepara Ikuti Pentas PAI

oleh -912 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Dalam rangka mewujudkan siswa yang beriman bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia dan ta’at beribadah, ratusan siswa di Jepara mengikuti Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jepara, Rabu (26/7/2017).

Kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) dibuka oleh Bupati Jepara yang diwakilkan Wakil Bupati Dian Kristiadi, di Alun-alun Jepara, dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Jepara Dwianto Prihartono, MH, Kapolres Jepara, AKBP Yudianto Adhi Nugroho, S.I.K, Dandim 0719 Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki, S.I.P, Kepala Kantor Kemenag Jepara, Drs. H. Nor Rosyid, M.Si, Ketua Pengadilan Agama Jepara Drs. H. Imam Syafi’i, M.H, dan Ketua Pengadilan Negeri Jepara Eko Budi Supriyanto, M.H, serta jajaran kepala OPD di lingkungan Pemkab Jepara.

Dian Kristiandi menuturkan, pentas PAI diharapkan dapat menjadi sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam. “Kegiatan-kegaitan dalam PAI diharapkan mampu menumbuhkan minat dan niat yang kuat untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama, serta menampilkannya dalam sikap keseharian siswa yang akhlakul karimah,” ujarnya.

Ketrampilan dan seni yang menjadi inti pentas PAI, juga diharapkan Andi, nantinya mampu mendekatkan seni sebagai wahana yang efektif dalam memberikan pemahaman dan penghayatan ajaran agama sehingga lebih mudah merasuk ke hati anak-anak. “Nilai-nilai agama yang akan lebih mudah dipahami dengan mengemas melalui seni yang sesuai dengan perkembangan jiwa dan psikologis mereka,” tuturnya.

Selaras dengan tema kegiatan pentas PAI, yakni memantapkan keberagaman dan merawat keberagaman, Dian Kristiandi menyampaikan hal yang menjadi keinginannya dan menjadi tanggung semua, yaitu memantapkan keberagamaan dan merawat keberagaman. “Bahwa semakin mantap dan tinggi kualitas keagamaan, akan mencerminkan terwujudnya kehidupan yang harmonis dalam masyarakat yang majemuk atau pluralisme,” paparnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Jepara, Nor Rosyid menyebutkan, kegiatan lomba pentas PAI tingkat Kabupaten Jepara tahun ini yang diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Jepara didukung oleh Pemkab Jepara melalui Bagian Kesra Setda Jepara, selain bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT, juga dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik terhadap nilai-nilai ajaran Islam, sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Pentas PAI ini dapat menumbuhkembangkan pembentukan sikap, mental, sportifitas, kejujuran, dan ukuwah islamiyah antar sesama siswa, sekaligus dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk mengetahui kompetensi dan prestasi peserta didik di bidang PAI,” ujarnya.

Melalui kegiatan yang melibatkan peserta siswa siswi SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Jepara yang berjumlah 278 ini, pihaknya berharap dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah mempelajari dan mencintai PAI. “Ad  7 cabang lomba yang meliputi, Musabaqoh Hifdlatul Quran (MHQ) tingkat SD dan SMP, Musabaqoh Tilawatul Quran (MTQ) tingkat SMP dan SMA, Pidato tingkat SD, SMA, dan SMA/SMK, Cerdas Cermat PAI tingkat SD, Kaligrafi tingkat SMP, Debat PAI tingkat SMA/SMK, seta Kreasi Busana Muslimah tingkat SMA/SMK,” terang Nor Rosyid. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :