Rektor : Wisudawan Harus Tetap Adaptif dan Responsif Hadapi Perubahan

oleh -199 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebanyak 823 mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) diwisuda. Sepuluh diantaranya merupakan mahasiswa berprestasi, selama menempuh kuliah memiliki prestasi nasional maupun internasional.

Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono, M. Si mengatakan, pelaksanaan wisuda masih dilakukan dengan sistem drive thru seperti sebelumnya. Karena memang masih dalam kondisi pandemi. “Kami lakukan sebaik mungkin, wisuda tetap berjalan dan protokol kesehatan tetap dilakukan dengan ketat,” katanya Sabtu (23/10/2021).

Dalam wisuda ke-67 UMK, rektor berpesan kepada seluruh wisudawan untuk terus mengembangkan diri. Karena siap tidak siap, saat ini wisudawan memasuki era industri 4.0 dan bahkan mulai bergeser ke 5.0.

Perubahan yang cepat dan disertai distrupsi, membutuhkan setiap orang untuk terus mengembangkan diri, termasuk wisudawan. Sehingga diharapkan wisudawan bisa terus beradaptasi, merespon cepat perubahan, memiliki daya tahan dan daya hidup yang lebih.

Selain itu, agar agar bisa menghidupkan perubahan, maka wisudawan harus terus menambah literasi baru, mulai dari literasi data, teknologi dan kemanusiaan. Ketika hanya menggantungkan literasi lama, baca, tulis dan numeric, maka bisa dimatikan oleh perubahan itu sendiri. “Wisudawan harus terus mengembangkan diri, jangan berhenti,” terangnya.

Dia juga mengingatkan usia wisuda, teruslah berbakti kepada orang tua. Bagi uang orang tuanya masih hidup, mintalah doa. Sementara bagi orang tuanya yang sudah meninggal, maka do’akan terus orang tuanya. Karena kunci keberkahan hidup adalah restu orang tua.

“Selamat dan sukses kepada mahasiswa atas pencapaiannya, kita patut bangga karena sudah lulus secara akademis ditengah pandemi dan kita masih diberikan kesehatan,” jelasnya.

Karena sudah menjadi alumni, tentu kami berharap tetap turut serta dalam mengembangkan UMK, terutama di program studi masing-masing. Selain itu diharapkan alumni dapat berkiprah dan mengambil peran dalam meneruskan pembangunan bangsa.

Dalam wisuda kali ini, juga diberikan penghargaan khusus kepada sepuluh mahasiswa berprestasi. Mereka dalam menjalani kuliah di UMK mampu menorehkan banyak prestasi, baik prestasi nasional maupun internasional. “Ada plakat dan piagam khusus yang kami berikan kepada wisudawan berprestasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI VI Prof. Dr. Muhammad Zaenuri, DEA mendoakan agar semua wisudawan mendapatkan pekerjaan sebagaimana yang telah dicita-citakan sesuai kompetensi dan profesionalitas dalam pembelajaran yang dijalani selama ini di UMK. Perjalanan panjang studi sudah berakhir dan menuju pintu gerbang kesuksesan.

“Kami ucapkan selamat kepada orang tua dan wisudawan, semoga bisa menggenggam masa depan,” imbuhnya.

Dia juga berharap, UMK bisa melangkahkan kakinya lebih tinggi lagi sehingga menjadi world class university. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :