Resmikan Politeknik Rukun Abdi Luhur, Hartopo: Ciptakan SDM Berkualitas

oleh -726 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus H.M. Hartopo beserta Unsur Forkopimda Kudus, Camat Kaliwungu, segenap anggota DPRD Kudus, dan tamu undangan lainnya menghadiri Peresmian Politeknik Rukun Abdi Luhur yang berdiri dibawah naungan Yayasan Tunas Muria Mijen, Kamis (25/2/2021).

Dalam sambutanya, H.M. Hartopo bersyukur atas diresmikannya Politeknik Rukun Abdi Luhur yang tentunya menambah kekuatan Kabupaten Kudus sebagai salah satu pusat pendidikan di wilayah Pantura timur.

“Setelah menyelesaikan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, Alhamdulillah Politeknik Rukun Abdi Luhur hari ini dapat kita resmikan bersama, dengan demikian tentunya Kabupaten Kudus dapat menambah kekuatan sebagai salah satu pusat pendidikan di wilayah Pantura timur ” Ucapnya.

H.M. Hartopo juga berharap, agar nantinya Politeknik Rukun Abdi Luhur mampu menghasilkan sumber daya manusia (manforce) yang berkompeten.

“Semoga dengan diresmikannya Politeknik Rukun Abdi Luhur ini, Kabupaten Kudus dapat menjadi salah satu kiblat bagi pusat pendidikan di wilayah Pantura timur, dapat mencetak generasi penerus yang berkompeten, profesional, dan berakhlaq mulia,” harapnya.

Dirinya juga mengharapkan nantinya lulusan yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah di Kabupaten Kudus.

“Butuh kerja keras dan komitmen dari seluruh jajaran civitas akademika Politeknik Rukun Abdi Luhur untuk mewujudkannya, namun Saya yakin hal tersebut dapat terwujud manakala ada komitmen yang terbangun antara Politeknik Rukun Abdi Luhur, Pemkab Kudus dan stakeholder melalui koordinasi yang baik,” imbuhnya.

Selain itu, Hartopo juga menginginkan adanya sebuah trobosan yang diciptakan sehingga tidak terkesan mencontoh perguruan tinggi yang sudah ada dengan harapan dapat mendidik mahasiswa siap saji dan siap bekerja.

“Ini bisa dilakukan dengan memperbanyak inovasi dalam proses transfer knowledge maupun mengubah mindset mahasiswa, Hal ini tentunya sejalan dengan visi saya yaitu Kudus bangkit menuju Kabupaten yang Religius, Modern, Cerdas, dan Sejahtera,” tuturnya.

Ketua Yayasan Tunas Muria Mijen Irwan Syah, S.M mengatakan tujuan dari Politeknik Rukun Abdi Luhur menyiapkan SDM langsung kerja, tahap awal dengan perusahaan dan perguruan tinggi sekitar.

Pihaknya optimistis siap meramaikan perguruan tinggi yang sudah ada di Kudus. Siap menjadi pilihan masyarakat, khususnya warga Kudus dan sekitarnya yang ingin memilih perguruan tinggi kesehatan yang program studinya pertama di Kudus.

Tujuan hadirnya kampus tersebut, pertama, untuk membangun lingkungan yang terintegrasi, ada Rumah Sakit, Terminal dan Pasar. Kedua, nantinya bisa bermanfaat, utamanya industry, dimana SDM nya siap kerja dan tersertifikasi.

“Ada Program studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja, D-III Manajemen Logistik,” bebernya.

Pihaknya telah menyiapkan dosen berkualitas, ada yang sebagian dari kudus dan luar kudus.

Pemotongan pita oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus H.M. Hartopo didampingi Direktur : Dr. Ir. Bambang Dwiloka M.S dan Ketua DPRD Kudus, Masan. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jateng, Ahdrial Refaddin juga memberikan ucapan selamat atas peresmian ini, Dirinya memacu untuk semangat dalam berproses menjadi sebuah pusat pendidikan yang membentuk karakter.

“Selamat atas diresmikannya Politeknik Rukun Abdi Luhur oleh Bapak Plt. Bupati, Selamat berproses untuk menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan inovatif sehingga dapat membentuk karakter mahasiswa sehingga dapat dikenal hingga ke taraf internasional,” ucapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :