Retribusi Sejumlah Sarana Pelatihan Di BLK Di Usulkan Dicabut

oleh -949 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Salah satu rencana yang akan di tinjau dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kudus Nomor 11 Tahun 2016, terkait Perubahan Kedua Perda Kabupaten Kudus Nomor 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah,  adalah penghapusan pengunaan dan retibusi sejumlah obyek di Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kudus.

Hal itu disampaikan oleh Kepala  Bagian Hukum Pemkab Kudus,  Suhastutik, dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kudus, beberapa waktu lalu. Rapat yang membahas Perda tersebut diatas, dipimpin langsung oleh Ketua Pansus II DPRD Kudus, Nurhadi, dihadiri sejumlah kepala instansi, SKPD dan dinas terkait.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Tuti, sejumlah obyek yang dihapus restribusinya adalah sarana pelatihan milik Dinsonakertrans itu, adalah simulator dan alat berat berikut anggaran beaya operasionalnya, retribusi pemakaian gedung serba guna Balai Latihan Kerja (BLK) dab retrbusi pemakaian bengkel BLK. Tarip retribusi pemakaian kedua obyek itu oleh pihak yang menggunakan, masing-masinng Rp 7,5  juta dan Rp 2 juta per tahun.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Kudus, Lutful Hakim, saat oleh Ketua Pansus II Nurhadi dimintai tanggapannya, mengatakan, mengenai penghapusan simulator dan alat berikut anggaran beaya penggunaannya, pihaknya menillai tidak ada masalah. Sedangkan mengenai penghapusan gedung serba guna BLK dan bengkel BLK, pihaknya atas nama dinas juga menyetujui. “Kami menyatakan setuju dihapus,  karena kedua obyek itu sudah tidak ada dan telah digunakan untuk perkantoran oleh instansi  pemkab yang lain (BPBD-red.).” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :