RPH Kudus Terima Hewan Kurban Hari Kedua dan Ketiga Idul Adha

oleh -572 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Jelang hari raya idul adha, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus mempersiapkan rumah potong hewan (RPH) untuk menjadi tempat pemotongan hewan kurban dari masyarakat. Guna memastikan kesiapannya, Kepala Dinas Sunardi langsung meninjau lokasi didampingi kepala UPT RPH dan Puskeswan Kudus, Jumat (9/7/21).

Sunardi mengapresiasi persiapan RPH tersebut. Namun karena masih dalam kondisi PPKM darurat oleh pemerintah pusat yaitu tanggal 3-20 juli 2021, maka RPH mulai menerima hewan kurban pada hari kedua atau tanggal 21 juli dan hari ketiga tanggal 22 Juli 2021.

“ Terimakasih ya pada semuanya, sudah mempersiapkan lokasi RPH dengan baik sehingga sesuai aturan penyembelihan. Untuk hari pertama atau tanggal 20 bertepatan dengan tanggal terakhir PPKM darurat, jadi dinas melalui Bidang peternakan tetap melayani pendampingan pemeriksaan di tempat masing-masing yang melaksanakan kurban  ,” kata Sunardi.

drh Anton Cahyono, Kepala UPT RPH , menjelaskan bahwa pada hari pertama idul adha belum melayani masyarakat umum karena hari terakhir PPKM darurat. Selanjutnya kita menerima sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Yaitu, masyarakat menyerahkan hewan kurban ke RPH untuk dipotongkan. Untuk petugas didalam RPH akan dibatasi maksimal 10 orang guna menghindari kerumunan.

“ Kita tetap menerima hewan kurban tetapi mulai hari kedua dan ketiga. Dan mohon pada masyarakat tidak berkerumun, kita batasi kehadiran masyarakat disini ,” jelas Anton Cahyono. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :