RS di Kudus ini Siapkan Kamar Antisipasi Caleg Stres Akibat Kalah Pemilu 2024

oleh -1,350 kali dibaca
Foto: Salahj seorang petugas dari RSI Sunan Kudus saat merapikan bed. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Sejumlah rumah sakit di Kudus menyiapkan ruangan khusus untuk mengantisipasi calon legislatif (caleg) yang mengalami stres atau gangguan jiwa akibat gagal dalam pemilihan legistlatif (Pileg) di Pemilu 2024.

Rumah Sakit Islam Sunan Kudus , misalnya,  salah satu rumah sakit yang menyiapkan ruangan khusus untuk caleg yang mengalami gangguan mental.

“Kami sediakan 10 kamar, yakni kamar 301-310 di lantai tiga ruang Thalhah bin Ubadillah. Kamar itu yakni, kamar 301-310.  Fase shock yang dialami seseorang harus diobati, jangan sampai jadi gangguan permanen,” ungkap Wakil Direktur Pelayanan RSI Kudus dr Wawan Eko Darmawan, Senin (4/12/2023).

Di sepuluh kamar itu nantinya caleg yang mengalami stres bakal didampingi beberapa dokter. Di antaranya dokter kejiwaan satu orang dan psikiater dua orang.

”Mereka nantinya kami beri pendampingan dari dokter jiwa dan psikiater,” ujarnya.

Pihaknya saat ini sudah mulai menyiapkan sebanyak sepuluh ruangan. Meski sudah siap pakai, dirinya berharap tidak ada caleg yang mengalami stres.

”Harapan kami pastinya tidak ada caleg yang mengalami stres akibat gagal mencalonkan diri,” imbuhnya.

Terkait biayanya, bagi pasien non-BPJS per malamnya yakni Rp 400 ribu. Tarif itu belum termasuk biaya obat dan cek laboratorium yang diperlukan.

Sementara untuk pasien BPJS, menyesuaikan dengan tarif Indonesian-Case Based Groups (INA-CBG). Tarifnya pun menyesuaikan dengan ketentuan BPJS Kesehatan.

”Untuk tarif pengguna BPJS mengikuti tarif INA-CBG atau Indonesian-Case Based Groups yang merupakan besaran pembayaran klaim yang sudah ditentukan oleh Kemenkes dan BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :