Rusak Diterjang Angin Kencang Atap SD Demaan 3 Mulai Diperbaiki

oleh -873 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Sekolah Dasar SD 3 Demaan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, yang mengalami kerusakan pada bagian atapnya, akibat diterjang angin kencang, mulai diperbaiki. Bagian yang rusak adalah atap dan plafon pada gedung lantai dua, di bagian belakang. SD 3 Demaan, adalah salah satu dari sejumlah bangunan yang atapnya rusak, akibat diterpa hujan deras bercampung angin kencang, yang terjadi di Kudus, wilayah kecamatan kota, pada akhir 2015 lalu.
Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Kasmudi, yang dihubungi isknews.com, Senin (18/1), mengenai adanya kerusakan yang terjadi pada SD 3 Demaan itu, pihak kepala sekolah sudah melapor ke pihaknya, termasuk pemberitahuan mempernbaiki kerusakan tersebut. “Saya sudah memantau dan melihat langsung jalannya perbaikan. Kerusakannya hanya sebagian kecil, kurang dari 30 persen dari keseluruhan bangunan fisik SD 3 Demaan itu.”
Perbaikan di atas, ungkapnya lanjut, anggarannya diambilkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penggunaan dana BOS itu memang diperbolehkan, untuk memperbaiki atau merawat kerusakan yang terjadi pada bangunan fisik SD, yang tingkat kerusakannya di bawah 30 persen. Pihak sekolah tidak perlu meminta ijin ke pihak dinas, hanya pemberitahuan saat perbaikan itu sudah selesai. “Seperti yang terjadi pada SD 3 Demaan itu, kerusakannya hanya pada bagian atap dan plafon. Perbaikannya diperkirakan hanya membutuhkan waktu beberapa hari.”
Sementara itu, apabila ada bangunan fisik SD yang mengalami kerusakan yang tingkatnya di atas 30 persen, untuk perbaikannya atau rehabilitasi, harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang nantinya akan menentukan dari mana sumber dana yang akan digunakan atau dialokasikan untuk perbaikan tersebut. “Dana itu kan bisa dari beberapa sumber, apakah dari Dana Alokasi Khusus (DAK), APBD atau APBN,” tegas Kasmudi. (DM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :