Sambangi Pasar, BBPOM Temukan Makanan dan Kosmetik Tak Layak

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Semarang menemukan makanan, obat dan kosmetik tak layak. Hal itu ditemukannya saat tim dari BBPOM menyidak Pasar Bitingan Kudus, Senin (4/2/2019).

“Kami temukan makanan ringan yang positif mengandung Rodhamin B, dan obat-obatan juga kosmetik tanpa ijin yang lolos edar,” jelas Kepala BBPOM Jateng, Syafriansyah saat menghadiri sosialisasi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) di Gedung Graha Mustika Desa Getas Pejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, Senin (4/2/2019).

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih makanan, obat dan kosmetik di pasaran.

TRENDING :  Sudah Cair Dana Rehab DAK Termin Pertama Untuk SD dan SMP Negeri

Dijelaskannya, Sistem pengawasan obat dan makanan (Sispom), harus dilakukan bersama-sama untuk memerangi barang ilegal di pasaran.

Dari Pemerintah dalam hal ini Badan POM beserta Instansi terkait sesuai tugas masing masing. Lalu Produsen yang Legal, bertanggungjawab atas mutu, keamanan dan khasiat harus mempunyai sistem pengawasan mutu internal.

TRENDING :  Angkat Tema Persatuan Sedekah Bumi Desa Srikaton Berlangsung Meriah

Distributor harus menjaga mutu, menjamin keabsahan, dokumen lengkap dan sah. Lalu Konsumen haru membaca label pada kemasan dengan teliti dan berperan
melaporkan pelanggaran ke Balai Besar POM Semarang.

TRENDING :  Dispertanpangan Kudus Akan Branding Peternak Kalkun

Dikatakannya, Salah satu kunci kesehatan adalah rutin melaksanakan senam, kami menyampaikan bahwa Kabupaten Kudus dalam penanganan penyakit demam berdarah sangat bagus dan cepat sehingga penderita demam berdarah di Kabupaten Kudus mengalami penurunan,

“Dengan melakukan cara hidup sehat/melakukan aktifitas fisik itu merupakan salah satu cara menghilangkan sumber penyakit jenis tidak menular,” pesannya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :