Cegah Klaster Pesantren, IDI Jateng Beri Edukasi Kesehatan Lawan Corona

oleh -64 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Tengah dan Kudus bekerjasama dengan Klinik Alfatah mengunjungi Ponpes Tahfidz Yanbu’ul Quran Arwaniyah Kajeksan, Kota Kudus, Sabtu (14/11/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Humas IDI Jateng Dr dr Renni Yuniati SpKK  mengatakan, Dalam kesempatan itu, kami memberikan pelatihan senam, cara mencuci tangan yang benar, memakai masker yang benar serta memberikan pengetahuan soal asupan gizi yang seimbang agar tidak mudah terserang COVID-19.

Sementara Ketua Satgas Covid-19 IDI Wilayah Jawa Tengah Dr. dr. Muhammad Heru Muryawan terus menggalakkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada warga dalam hal ini kalangan pesantre, Hal itu untuk adaptasi kebiasaan baru sebagai upaya menekan laju penyebaran COVID-19.

Sejak adanya kasus covid-19 muncul hingga sekarang, saat ini masih jauh dan belum ada tanda-tanda ke kehidupan normal seperti dulu. Pemerintah sudah berusaha untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Sampai saat ini, lanjut Heru, wilayah Jateng masih banyak yang berkategori zona merah sehingga semua pihak perlu kerja keras mengantisipasi penyebaran COVID-19.

“Hal ini terlihat akumulasi jumlah orang yang terpapar masih naik tetapi dilihat dari jumlah pasien yang positip COVID-19 secara fluktuatif adanya penurunan,” katanya.

Ia minta masyarakat tidak merasa jenuh dalam melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun, dan jaga jarak dalam kehidupan sehari-hari. “Karena jika jenuh maka akan mengabaikan bahaya virus corona yang masih mengancam,” kata dr M Heru Muryawan. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :