Sambut Ramadhan, Sarung Batik Kudusan Siap Temani Waktu Tarawih

oleh -138 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah atau tahun 2022 tinggal menghitung hari. Menanggapi hal tersebut, berbagai persiapan untuk menyambut ramadhan mulai digencarkan oleh para perlaku usaha.

Salah satunya adalah pengusaha Sarung Batik di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus, Budi Wicaksono (39 tahun). Pengusaha Sarung Batik ini mengaku telah menyiapkan 17 series terbaru yang akan dilounchingkan pada awal April mendatang.

Diantara series Sarung Batik yang diluncurkan ada Sarung Batik Kudusan dengan motif Angkringan. Motif ini menggambarkan corak gerobak soto, gunungan lhas jawa tengah, menara kudus, ukiran bawah Rumah Gebyok, dan ornamen api.

“Ini warnanya ada 3, ada biru, hitam, dan lawasan,” ujarnya.

Selain motif Kudusan, Budi juga menyiapkan motif lainnya seperti khas Solo, Yogyakarta, dan Lasem. Adapun motif yang dibuatnya ada motif batik yang pakem dan adapula yang modern atau design sendiri.

Kemudian, jenis batik yang digunakan ada tulis, print tulis, hand print, dan full print. Untuk menyasar kalangan menengah ke bawah, dia menawarkan sarung batik jenis hand print yang kualitas juga dirasa bagus. Hanya saja, kualitas perwanaan tidak sebagus batik tulis yang memang sudah banyak penggemarnya.

“Karena setiap motif itu ada sasarannya sendiri, dan semua motif saya kira merata untuk peminat-peminatnya. Jadi saya launching beberapa variasi,” tambahnya.

Untuk stok sarung yang dipersiapkan menjelang ramadhan pun, kata Budi, mencapai ribuan picis sarung. Sementara untuk produksi tiap harinya, dia menyebut ada sekitar 300 picis sarung yang diproduksi.

Katanya, persiapan jelang Ramadhan ini sudah dipersiapkan sejak Januari 2022 kemarin. Mengingat bahwa permintaan pasar pada saat Ramadhan kerap mengalami kenaikan tiap tahunnya.

“Kalau Ramadhan memang penjualannya itu meninkat, bahkan bisa 10 kali lipat dari penjualan hari biasa,” tuturnya.

Sementara penjualannya sendiri sudah menyasar seluruh pasar Indonesia melalu puluhan reseller yang bekerjasama dengannya. Bahkan, pasar Luar Negeri seperti Yaman, Singapura, dan London sudah pernah menjajal produk sarung batik miliknya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :