Samsat Siaga Diluncurkan di Kudus, Siap Jemput di Rumah Anda

oleh -1,268 kali dibaca

Kudus, ISKNEWS.COM – Terobosan kembali dilakukan Samsat Kudus dalam upayanya memperbaiki pelayanan. Setelah sebelumnya meluncurkan Samsat Keliling untuk membantu wajib pajak yang rumahnya jauh dari kantor induk, kini Samsat Kudus akan segera meluncurkan Samsat Siaga.

Menurut Kepala Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Kudus Wibowo, Samsat Siaga diluncurkan sebagai upaya untuk percepatan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Selain itu, juga sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada wajib pajak.

Samsat Siaga, lanjutnya,adalah pelayanan samsat dalam bentuk jemput bola. Kalau biasanya wajib pajak yang mendatangi Kantor Induk Samsat Kudus atau Samsat Keliling, dengan Samsat Siaga masyarakat atau wajib pajak cukup di rumah dan petugas yang akan datang melayani.

”Masyarakat cukup di rumah saja, petugas akan datang melayani perpanjangan pajak kendaraan, sekaligus pengesahan juga dilakukan di lokasi,” ujarnya.

Apabila ada masyarakat yang berminat menggunakan Samsat Siaga cukup menghubungi nomor WA yang telah disediakan pada 081227433770 atau di melalui (0291) 438412 – 437090. ”Masyarakat cukup mengirimkan foto STNK dan KTP yang akan diperpanjangkan ke nomor WA Samsat Siaga.

Nantinya petugas akan menghubungi untuk dilakukan verifikasi,” terangnya.
Samsat Siaga ini diberlakukan secara kolektif, dengan ketentuan untuk sepeda motor minimal lima dalam satu tempat yang sama. Sedangkan mobil minimal satu kendaraan. ”Khusus untuk mobil kita berlakukan layanan jemput,” imbuhnya.

Layanan jemput yang dimaksud adalah apabila wajib pajak dalam kondisi sibuk semisal sedang bekerja, petugas Samsat Siaga akan datang menjemput mengambil surat kendaraan untuk diurus di Kantor Induk Samsat Kudus.

Nantinya, lanjtu Wibowo, kalau sudah jadi akan di antar kembali kepada pemiliknya. Ditambahkannya, layanan Samsat Siaga sama dengan Samsat Keliling yakni hanya melakukan pelayanan perpanjangan saja. Sedangkan untuk balik nama atau lima tahunan dilayani di Kantor Induk.

Ketentuan lain yang perlu diketahui adalah layanan jemput untuk mobil hanya berlaku di Kecamatan Kota dan Kecamatan Jati. Di luar itu bisa memanfaatkan Samsat Keliling atau datang ke Kantor Induk.

Wibowo menambahkan, Samsat Siaga telah disosialisasikan sejak awal September 2017. Namun, hingga kini memang belum dilaunching secara resmi. ”Bagi yang ingin memanfaatkan program ini segera hubungi nomor WA kami. Delapan personel Samsat Siaga siap melayani masyarakat Kudus,” pungkasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :