Sandiaga umumkan Tahap Kurasi 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

oleh -960 kali dibaca

isknews.com – Proses seleksi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 kini telah mencapai tahap kurasi 100 besar. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengumumkan 100 besar desa wisata yang terpilih melalui akun Instagram @anugerahdesawisataindonesia dan Youtube @anugerahdesawisata7358.

“Sebelumnya saya telah mengumumkan 300 besar desa wisata ADWI 2024. Kini pada tahap selanjutnya, dengan bangga saya umumkan 100 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia,” kata Menteri Sandiaga dalam keterangannya pada Kamis, 23 Mei 2024.

Tahun ini, ADWI 2024 mengangkat tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia”. Selain itu, ada kategori penilaian baru yaitu Resiliensi, yang menitikberatkan pada pengelolaan sampah serta manajemen risiko, keselamatan, kesehatan, dan lingkungan.

Diharapkan konsep ini dapat diterapkan dalam pengembangan pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Desa wisata memiliki potensi besar dan berperan penting dalam mencapai transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Pendekatan konsep pariwisata hijau sangat relevan untuk diterapkan dalam pengembangan desa wisata,” tambah Sandiaga.

Ada 6 Desa Wisata di Jawa tengah yang masuk daftar 100 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024. Diantaranya Kabupaten Kebumen Desa Wisata Karangsambung, Kabupaten Wonosobo Desa Wisata Pesona Gunung Prau, Kabupaten Magelang Desa Wisata Wanurejo

Lalu Kabupaten Klaten Desa Wisata Kebondalem Kidul, Kabupaten Blora Desa Wisata Bangowan dan Kabupaten Rembang Desa Wisata Sendangasri. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :