Kaliputu Kudus Punya SARKALI, Sarana Tingkatkan Penghasilan Warga di Tengah Pandemi

oleh -116 kali dibaca
Foto: Pokdarwis Kaliputu

Kudus, isknews.com – Pasar pinggir kali yang disingkat dengan “Sarkali” itu digelar dalam rangka menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan. Sarkali diresmikan dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan dari warga.

“kedepen kita harus punya  shorum untuk para pedagang jenang, rencananya pasar itu bakal menjadi destinasi wisata kuliner desa,” harap Kades Kaliputu Suyadi, Rabu (7/3/2021).

Sementara Supriyono perwakilan Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) Kaliputu menjelaskan, Sarkali menawarkan jajanan ringan hingga makanan berat. Seperti kuliner khas jenang, aneka nasi, hingga jajanan lainnya. Warga maupun para pedagang diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jumlah antusias pedagang mencapai 30 pedagang, dikhususkan (dari) Desa Kaliputu, wilayah kita sendiri. Meliputi jajan ringan, makanan, terutama ada khas jenang yang berasal dari Desa Kaliputu,” ujarnya.

Supriyono berharap dengan sarkali ini desanya dapat dikenal oleh masyarakat luas. Apalagi Desa Kaliputu dikenal sebagai desa wisata yaitu jenang.

“Berbagai jenang dari perusahaan ada di Kaliputu. Ke depan rencana pengusaha jenang akan membuka showroom-showroom jenang. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Kudus bisa memilih dan membeli jenang yang disukai. Kita ingin warga bisa meningkatkan perekonomian. Harapan kita semua warga mendapatkan penghasilan dari sarkali ini,” imbuhnya.

Sementara Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Mutrikah mengatakan bahwa kegiatan Sarkali ini merupakan salah satu kearifan lokal Desa Kaliputu.

“Semoga desa-desa di Kudus nantinya akan bisa mengembangkan kearifan lokal desanya masing-masing,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :