Satu Ruas Jembatan Baru Akan di Bangun Di Sebelah Barat Jembatan Tanggulangin

oleh

KUDUS, isknews.com – Jembatan Tanggulangin Jati Kudus akan menambah satu ruas lagi jembatan baru, , pembangunan jembatan baru ini untuk mengakomodir banyaknya kendaraan yang melintas dari arah Semarang menuju Kudus. Rencana pemerintah pusat untuk membangun jembatan Tanggulangin dengan cara menambah satu ruas jembatan lagi di sebelah barat jembatan yang sudah ada ini perencanaanya sudah disusun sejak tahun 2007 dan rencananya akan segera direalisasikan tahun 2016. Rencana ini sepertinya akan merubah site plan Proyek ruang terbuka hijau (RTH) di sebelah barat Gerbang Kudus Kota Kretek (GKK).
Menurut Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptakaru) Kudus, Sumiyatun yang ditemui di gedung DPRD Kudus mengatakan, “Jembatan baru yang merupakan penghubung antara Kabupaten Demak dan Kabupaten Kudus ini di perkirakan akan melintasi areal milik PT. KIA di wilayah Kabupaten Kudus yang sebelumnya sudah di tertibkan dengan meratakan 17 Bangunan yang berdiri di atasnya, serta areal tanah milik BPSDA di sebelah Selatan (masuk wilayah administratif Demak). Bangunan jembatan lama dianggap sudah tua. Yakni dibangun pada 1968 dengan panjang 160 meter dan lebar 9 meter, sedangkan jembatan kedua dibangun pada 1993 dengan panjang dan lebar kurang lebih sama dengan jembatan terdahulu mempunyai dimensi bangunan yang kurang lebih sama dengan dua jembatan yang sudah dibangun sebelumnya”. Jelasnya.
Menurutnya. Koordinasi pengerjaan jembatan juga dilakukan pemerintah kedua kabupaten, Kudus dan Demak. Meskipun demikian, dua bangunan jembatan lama tidak akan dibongkar. Pembangunan akan dilakukan segera. Jika pembebasan lahan sudah selesai tahun ini, kata dia, pembangunan awal akan dilakukan pada 2016.
” Revisi desain RTH Tanggulangin kemungkinan baru bisa kami lakukan setelah Bina Marga pusat memetakan berapa luas lahan yang akan digunakan untuk jembatan yang diperkirakan mencapai 13 meter di bagian barat, 148 meter di sebelah utara dan 170 meter di sebelah selatan,. Kalo sudah ketemu besaran yang pasti yang akan digunakan pembangunan Jembatan yang akan di bangun tersebut, baru pihak kami bisa membuat desain RTH yang fix” katanya.
“Kalau melihat disain yang RTH yang sudah ada, RTH yang di konsep sebagai sebuah taman kota di sebelah barat GKKK itu mencapai luasan 2.676 meter persegi dan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 1,4 miliar. Dimana selain penataan lokasi, Ciptakaru rencananya akan menanam jenis tanaman keras “ Tambahnya. ‪#‎YM‬ ‪#‎RM‬

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Jelang Tahun Baru 2018, Konsumsi Gas Melon Terus Meningkat