SD 5 Kemujan Mimpi Menembus Batas Cakrawala

oleh -1,019 kali dibaca

Lintas Jepara Isknews.com- pagi menyapa melalui sinar mentari yang menembus celah-celah pepohonan. Suasana tenang dan damai segera menyapa tim ENJ (Ekspedisi Nusantara Jaya) Jateng 2016.

Ekspedisi Nusantara Jaya ialah satu wujud bakti pemuda kepada negeri, di bawah koordinasi dari KEMENKO Kemaritiman RI. Pagi itu, Selasa 18 Oktober 2016 tim ENJ Jateng yang tergabung dalam tim kelas inspirasi dari program pendidikan akan bersiap menuju SDN 5 Kemujan kecamatan Karimunjawa kabupaten Jepara. Karena letaknya yang jauh, satu jam sebelumnya mereka harus sudah siap menuju ke sana.

Secara bertahap menggunakan sepeda motor, jalanan yang berkelok dan lebatnya pepohonan harus dilalui. Tak apa, karena misi ENJ 2016 adalah “Meningkatkan wawasan kemaritiman generasi muda dan merajut pulau-pulau terluar wilayah Republik Indonesia”.screenshot_2016-10-27-15-48-46_1

“Sesampainya di sana, kami disambut dengan riuh rendah suara anak-anak yang akan belajar. Materi kami adalah menumbuhkan semangat anak untuk berani meraih mimpi. Kami menamainya kelas inspirasi,” tutur Luthfiana Ilma Anisa, penanggung jawab kegiatan tersebut.

 

Karena jumlah siswa-siswinya sedikit, tim kelas inspirasi mengumpulkan siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 dalam satu ruangan. Total dari 3 kelas tersebut hanya sekitar 30 murid. Seperti biasa, Tim kelas inspirasi membuka kegiatan dengan ice breaking up and down untuk membangun ketertarikan anak-anak dalam mengikuti kegiatan tersebut.

img_1888Selanjutnya, dengan mengggunakan pengeras suara tim kelas inspirasi mulai membuka wacana anak-anak tentang pentingnya memiliki cita-cita dan meraihnya. Tentu saja, dengan gaya bahasa yang sederhana. Di luar dugaan, anak-anak sangat bersemangat dengan berani maju ke depan serta memperagakan apa yang dicita-citakannya.

Pemandangan tersebut sangat kontras dengan minimnya perhatian masyarakat dalam hal pendidikan. Namun harapan baik selalu ada agar masyarakat desa Kemujan menjadi lebih baik. Setelah materi usai, tim kelas inspirasi mengajak anak-anak untuk berjanji meraih mimpi mereka, melalui cap tangan mereka dalam kain warna putih. Tim kelas inspirasi berusaha semaksimal mungkin agar mereka selalu optimis, semangat, berani, pantang menyerah, demi mimpi-mimpi mereka hingga menembus batas cakrawala. (Arofatul Ulya)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.