SE Kemensos, Ahli Waris Pasien Covid-19 yang Meninggal Tak Lagi Dapat Santunan

oleh -860 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kementerian Sosial (Kemensos) menghentikan bantuan dana kematian pada korban Covid-19. Keputusan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tentang Rekomendasi dan Usulan Santunan Ahli Waris Korban Meninggal Akibat Covid-19.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Kudus, Mundir mengatakan, Surat tersebut dikeluarkan oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PKSBS), Sunarti pada 18 Februari 2021.

“Pada tahun anggaran 2021 tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 bagi ahli waris pada Kemensos RI, sehingga terkait dengan rekomendasi dan usulan yang disampaikan oleh Dinsos Provinsi/Kab/Kota sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti,” dikutip dari SE tersebut.

Diinformasikan pula bahwa pada tahun anggaran 2020, anggaran santunan ahli waris korban meninggal covid-19 bersumber dari pergeseran anggaran dari santunan akibat bencana kebakaran menjadi santunan korban meninggal akibat covid-19 dengan jumlah yang sangat terbatas.

Mundir menambahkan, pada isi surat tersebut, Kemensos meminta Kepala Dinas Sosial Provinsi dapat menyampaikan hal tersebut kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing. Selanjutnya, Dinas Sosial diminta tak memberikan rekomendasi dan/atau usulan pada Kementerian Sosial.  “Dengan adanya SE tersebut, Dinas sudah menutup pengajuan bansos santunan kematian tersebut,” tuturnya saat ditemui awak media, Senin (1/3/2021).

Ia menjabarkan, Sebelumnya sudah dari Agustus 2020 ada 184 ahli waris yang mengajukan, sedangkan Januari – Februari 2021 ada 76, “Jadi total ada 260 yang mengajukan,” jelasnya.

Selama ini ada beberapa ahli waris yang datang menanyakan soal bantuan tersebut, terutama melalui Whatsapp sudah banyak yang tanya. Karena kami sejak awal sudah katakan jika Dinsos hanya membantu dengan mendata ahli waris saja, kewenangan di Kemensos pusat.

Menurut data Dinsos Jateng, Dari usulan yang direkomendasi oleh dinsos kabupaten/kota, yang sudah cair ada tujuh ahli waris untuk tahun 2020.

Santunan kematian Covid-19 yang sudah cair tersebut tersebar di empat daerah di Jawa Tengah. Masing-masing ahli waris menerima Rp 15 juta. “Kabupaten Brebes ada tiga orang, Kabupaten Kendal ada satu orang, Kabupaten Blora ada dua orang dan Kabupaten Boyolali ada satu orang,” ucapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :