Sedulur Sikep di Kudus Diminta Sukseskan Program Vaksinasi

oleh -356 kali dibaca
Bupati Kudus HM Hartopo saat berdiskusi mengajak sedulur sikep supaya mau di vaksin

Kudus, isknews.com – Bupati Kudus HM Hartopo meminta Sedulur Sikep di Desa Karangrowo, Undaan Kudus menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Sebab hingga kini, Sudulur Sikep banyak yang belum vaksin.

Pihaknya menekankan tujuan utama vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vaksinasipun telah teruji aman dan baik untuk kesehatan. “Mohon untuk ikut vaksinasi.  Ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jangan karena tidak pergi kemana-mana lantas tidak mau vaksin. Kan pasti menerima tamu dan berinteraksi dengan orang lain,” jelasnya, Jumat (3/12/2021).

Setelah ditelusuri, rupanya banyak yang belum vaksin karena takut efek yang ditimbulkan. Untuk itu Sedulur Sikep meminta pemkab mengedukasi warga. Sebab selama ini warga kurang teredukasi.

Tokoh Komunitas Sedulur Sikep Kudus Budi Santoso tak memungkiri selama ini baru sebagian Sedulur Sikep yang menjalani vaksinasi. “Sudah ada yang vaksin, tetapi ada yang belum. Bukan kami yang tidak mau, tetapi karena rasa takut,” terangnya.

Secara terbuka Budi mau mendukung program vaksinasi Covid-19. Akan tetapi harus dibarengi dengan edukasi Dinas Kesehatan kepada komunitas Samin.

Perlunya edukasi ini untuk menyukseskan program vaksinasi. Sebab selama ini, warga kurang mendapatkan edukasi vaksinasi. “Sebab selama ini kami menerima kabar burung. Warga masih ketakutan,” ungkapnya.

Selama pandemi Covid-19, kata Budi Komunitas Samin Kudus belum pernah terjangkit atau tertular virus korona. Mereka dipastikan steril dari Covid-19.

Hartopo pun memastikan vaksinasi ini aman untuk warga. Selain itu vaksin juga menjadi penguatan imun tubuh.

“Vaksin tak apa-apa, jika tidak divaksin kalau tertular korona gejalanya berat. Sedangkan sudah divaksin kalau terpapar gejalanya tidak berat,” jelasnya.

Hartopo mengatakan, untuk menyukseskan vaksiansi ini perlu adanya kolaborasi. Untuk itu pemerintah desa dan puskesmas diharapkan bisa turun ke lapangan untuk mengedukasi warga. “Vaksinasi ini harus digenjot terutama untuk lansia,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :