Sekaligus Cetak SDM Pembatik, Puluhan Wanita Diajari Membatik pada Peringatan Hari Kartini

oleh -325 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, puluhan wanita semarakan tanggal 21 April 2021 dengan membatik. Kegiatan ini digelar oleh Kementerian Perindustrian melalui Balai Diklat Industri Jakarta.

Bertempat di Tere Batik Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Puluhan wanita tersebut belajar membatik. Selain ditujukan untuk mengapresiasi jasa Kartini, kegiatan membatik ini juga digelar sebagai upaya memunculkan generasi pembatik baru.

Koordinator Instruktur Balai Diklat Industri Jakarta, Toniq Sudarmaji, mengatakan, saat ini masih menjadi kendala untuk memunculkan para pembatik baru bagi pelaki usaha batik nusantara.

“Karena untuk kebutuhan pengrajin batu dimasa sekarang sangat minim sekali. Sehingga kita membantu owner batik lewat balai diklat untuk menciptakan tenaga pengrajin batik yang baru, yang notabene tenaganya dibantukan direkrut batik,” kata Toniq, Rabu (21/04).

Pada moment Hari Kartini ini, pihaknya berharap akan muncul generasi pembatik yang baru. Agar warisan budaya nusantara bisa terus ditularkan dan eksis di masyarakat dalam maupun luar negeri

“Selain untuk menghormati perjuangan Ibu Kita Kartini yanh notabene Beliau dalam memperjuangkan emansipasi wanita, juga sekaligus untuk memenuhi kebutuhan SDM pengrajin batik,” terangnya.

Sementara itu, Wigati, salah satu peserta latihan membatik, mengungkapkan bahwa partisipasinya mengikuti pelatihan ini yakni ingin turut melestarikan batik nusantara.

Diakui oleh Wigati, tidak mudah saat baru mempelajari cara membatik tersebut. Lantaran, ingin mewujudkan impiannya untuk berkecimpung di bidang fashion. Wigati pun tidak berputus asa untuk terus belajar membatik.

“Awalnya susah tapi setelah mencanting kok asik untuk pengembangan di bidang fashion. Saya kan punya usaha jahit menjahit dirumah, ingin mengembangkan batik. Batik kan termasuk dalam fashion,” tuturnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :