Sekolah Dasar di Kudus Mulai Terima Chromebook, Disdikpora : Persiapkan untuk ANBK

oleh -101 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus mulai melakukan pembagian ratusan chromebook sekolah dasar (SD) di Kudus.

Total ada 294 yang akan mendapatkan jatah chromebook yang tersebar di 9 kecamatan di Kudus. Terkait pengadaan chromebook ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 34 miliar.

Pembagian chromebook ini dilakukan secara bertahap di setiap kecamatan. Harapannya, sebelum Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) distribusi chromebook bisa selesai.

“Tiap-tiap sekolah jatah chromebook yang didapatkan bervariasi, kalau rata-rata setiap sekolah mendapatkan 15 unit,” ungkap Harjuna.

8 koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan di Kabupaten Kudus sudah mendapatkan pembagian chromebook ini. Sementara satu kecamatan rencananya akan didistribusikan pada Juni 2022.

“SD di Kecamatan Kota rencananya kita distribusikan Juni nanti,” ujar Kepala Disdikpora Kudus, Harjuna Widada.

Dalam waktu dekat, Disdikpora akan memberikan sosialisasi terkait pengoperasian dan penggunaan chromebook. Terutama bagi sekolah-sekolah yang telah mendapatkan chromebook.

Sementara untuk mekanismenya nanti, Harjuna mengatakan hal tersebut masih dalam pembahasan. “Harapannya dengan adanya chromebook ini bisa digunakan dengan baik saat pelaksanaan ANBK nanti, dan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Selain chromebook, tiap sekolah pun mendapatkan proyektor, converter, hingga rooter. Pihaknya berpesan, saat memasukkan data di Dapodik, sekolah wajib mengisinya sesuai dengan keadaan sekolah sebenarnya. Hal ini agar alokasi chromebook bisa diberikan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh sekolah.

Pengoperasian chromebook oleh SDN 1 Bakalankrapyak, Kudus untuk persiapan ANBK (Foto:My)

“Yang menilai sekolah layak mendapatkan chromebook itu pusat. Untuk mendapatkan DAK sekarang lewat Dapodik. Harapannya sekolah yang belum mendapatkan chromebook tahun ini, bisa mendapatkan di tahun 2023,” pintanya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Bakalankrapyak, Yuniati, sekolah setempat telah mendapatkan jatah chromebook sekitar awal April 2022 kemarin. Rencananya, bantuan chromebook ini akan dipakai untuk kegiatan ANBK nanti.

“Nanti kita akan pakai untuk anak dan persiapan asessmen nanti,” ujarnya, Selasa (10/5/2022).

Saat ini, Yuniati menuturkan baru mempersiapkan SDM kepala sekolah dan guru agar persiapan ANBK menggunakan chromebook ini bisa lebih maksimal.

“Kita sebelumnya sudah dapat 3 unit pada tahun kemarin, dan alhamdulillah tahun ini dapat tambahan 15 unit, jadi kita punya 18 unit untuk dipakai anak,” tambahnya.

Pihaknya berharap, tahun selanjutnya bisa mendapatkan bantuan lagi, agar pelaksanaan ANBK bisa dilakukan efektivitas waktu dan sesi bagi peserta didik. Melihat, bahwa jumlah siswa kelas V di SD 1 Bakalankrapyak tahun ini ada 30 anak.

“Disamping itu juga kita harapkan bisa dimanfaatkan pula untuk pembelajaran anak di era digitalisasi seperti sekarang ini, sehingga dunia pendidikan bisa semakin maju,” tukasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :