Selama Operasi, Polres Kudus Tindak 4.410 Pelanggar Lalulintas, 3.238 E-TLE, 1.172 Kasat Mata

oleh -644 kali dibaca
Foto : Dokumentasi Polres Kudus

Kudus, isknews.com – Pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 yang digelar selama 14 hari dari tanggal 7 – 20 Februari 2023 secara serentak di seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia, hari senin (20/02/2023) di nyatakan berakhir.

Berbagai upaya Sat Lantas Polres Kudus telah melakukan berbagai upaya dalam pelaksanaan Ops Keselamatan dengan mengedepankan edukasi baik secara preemtif maupun preventif kepada masyarakat pengendara demi keselamatan berlalu-lintas.

Dari data yang masuk selama Operasi Keselamatan ini, Sat Lantas Polres Kudus melakukan penindakan 4.410 pelanggar lalulintas. Diantaranya E-TLE sebanyak 3.238 pelanggaran. Kemudian, 1.172 pelanggaran kasat mata.

“Dari 4.410 penindakan yang kami lakukan, pelanggar didominasi pelanggaran tidak memakai Helm sebanyak 753 penindakan, knalpot brong 221 penindakan, sisanya pelanggran melanggra rambu dan perlengkapan kendaraan,” kata Kapolres kudus AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasat Lantas AKP Ivan Prabowo, Selasa (21/2/2023).

Masih seperti kegiatan yang sudah di laksanakan sebelumnya, untuk penindakan pelanggar kasat mata ditekankan kepada pengguna yang tidak memakai helm, plat nomor dan knalpot yang tidak sesuai dengan spektek, serta dalam giat ini dilakukan penindakan di tempat.

Kasat Lantas kembali menjelaskan, meski telah berakhirnya Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023, bukan berarti aturan berlalu lintas diabaikan. Melalui operasi ini masyarakat diharapkan mampu memahami pentingnya mematuhi aturan lalu lintas sehingga aman dan selamat saat berkendara di jalan raya.

“Untuk jumlah pelanggar masih cukup tinggi, di harapkan setelah operasi berakhir pelanggaran serta kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Kudus bisa di tekan seminimal mungkin, kami menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa tertib mematuhi rambu-rambu lalu-lintas dan mengenakan helm yang sesuai standar SNI,” ujar AKP Ivan.

Sepereti diketahui, tujuan dari operasi ini agar terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar di lokasi jalan rawan kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Sekaligus memberikan edukasi dan peringatan kepada pengendara untuk selalu melengkapi surat surat saat berkendara.

Dengan Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 diharapkan masyarakat tertib berlalulintas guna terciptanya kepatuhan dan disiplin berlalulintas. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :