Selama Pandemi, Rutan Kudus Berikan Hak Integrasi dan Asimilasi di Rumah pada 264 WBP

oleh -162 kali dibaca
Rutan Kelas II B Kudus di Jalan Sunan Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Sejak awal pandemi Covid-19 sampai dengan saat ini, Rutan Kelas II B Kudus telah memberikan hak integrasi dan asimilasi di rumah kepada 264 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Terbaru, sebanyak 15 WBP di Rutan Kelas II B Kudus mendapatkan program asimilasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai tindakan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 hingga 30 Juni 2022.

“Tahun 2020 sebanyak 157 WBP, tahun 2021 92 WBP, dan tahun 2022, Rutan Kudus memberikan hak integrasi dan asimilasi di rumah kepada 15 WBP,” terang Kepala Rutan Kelas II B Kudus, Suprihadi saat ditemui isknews.com Sabtu (26/3/2022).

Dijelaskannya, kebijakan itu tertuang dalam Permenkumham Nomor 43 Tahun 2021.

“Permenkumham ini merupakan perubahan kedua atas Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 dan Permenkumham Nomor 24 Tahun 2021 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB), dan Cuti Bersyarat (CB) bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19,” paparnya.

Ia pun berharap, program ini dapat mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 bagi narapidana dan anak di Lapas/Rutan/LPKA.

Selain itu, Suprihadi juga menegaskan, seluruh kepengurusan asimilasi di rumah, pembebasan bersyarat atau PB, cuti menjelang bebas atau CMB dan cuti bersyarat atau CB adalah nol Rupiah alias tanpa biaya.

“Apabila keluarga WBP menemukan oknum yang mengatasnamakan kepengurusan progam tersebut menggunakan biaya, silakan melapor atau mengirimkan laporan ke layanan pengaduan Rutan Kelas IIB Kudus,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :