Seluruh Desa Di Kudus Sudah Tetapkan Calon Kades dan Nomor Urutnya Serta Pakta Integritas

oleh

Kudus, isknews.com – Hingga malam ini Panitia Pemilihan (Panlih) Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 di 116 desa di Kabupaten Kudus telah melaksanakan rapat pleno penetapan Calon dengan pengundian Nomor urut calon Serta Penandatangan Pakta integritas. Penetapan calon kepala desa dilakukan di Balai Desa pada masing-masing Desa yang tersebar di sembilan kecamatan di Kudus.

Hingga malam ini, terpantau yang terakhir melakukan penetapan adalah Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati Kudus.

Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Arif Suwanto mengatakan, pada tanggal 1 November 2019 ini tahapan pilkades adalah penetapan dari bakal menjadi calon kepala desa. Penetapan dilakukan secara serentak di 116 desa peserta pilkades.

TRENDING :  Jelang Lebaran, Bahan Pokok di Kudus Alami Fluktuatif, Ada Kenaikan dan Turun Harga

“Dilakukan di masing-masing desa peserta pilkades,” jelasnya.

Ia mengatakan, tidak hanya menetapkan dari bakal calon menjadi calon kepala desa, pada acara tersebut juga ada pengambilan nomor urut masing-masing calon kepala desa.

TRENDING :  Unik !!! Beginilah Gambaran Pertanian Di Kabupaten Kudus

“Selain itu semua calon kades juga melakukan penandatanganan pakta integritas yang dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut masing-masing calon,” ungkapnya.

Terkait mekanisme pengambilan nomor, para calon mengambil nomor urut terlebih dahulu. Nomor urut tersebut digunakan untuk menentukan giliran penetapan pengambilan nomor calon kepala desa.

TRENDING :  Kenalkan dan Lestarikan Aksara Jawa dengan Kaligrafi

“Setelah nomor didapat, para calon kepala desa akan mendapatkan alat peraga kampanye dari panitia,” jelasnya.

Ia menambahkan, setelah pengambilan nomor, para calon kepala desa melanjutkan untuk menandatangi fakta integritas. Mereka bersama-sama untuk berkomitmen menjaga ketertiban keamanan saat pelaksanaan pilkades nantinya.

“Termasuk komitmen terkait kalah dan menang semua harus lewaga,” pungkasnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :