Semangat Belajar Rochmat Ditengah Keterbatasan, Kerjakan Soal PTS Sambil Gembala Kambing

oleh
Nur Rochmat, saat mengerjakan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) sambil menggembala kambing di tanah lapang yang lokasinya masih berada di kaki pegunungan Kendeng. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Perjuangan Nur Rochmat dalam menuntut ilmu patut diacungi jempol. Pasalnya, bocah yang masih duduk di bangku kelas VII SMP 3 Satu Atap (Satap) Wonosoco Kecamatan Undaan Kudus itu semangatnya tinggi dalam meraih cita-cita. Hal itu terlihat saat Ia mengerjakan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) sambil menggembala kambing di tanah lapang yang lokasinya masih berada di kaki pegunungan Kendeng.

Aktifitas tersebut semata-mata untuk membantu meringankan beban orang tuanya yang kerja serabutan. “Untuk membantu orangtua, karena kambing-kambing yang di rumah itu titipan orang, kami tinggal merawatnya,” ujar Rochmat saat ditemui wartawan di lokasi yang tidak jauh dari sendang Dewot itu, Selasa (15/9/2020).

Anak pertama dari 2 bersaudara ini kesehariannya selain menggembala kambing, juga mencari ikan dan burung. Hasil tangkapannya, kadang dimakan sendiri atau dijual ke tetangga.

Uang yang didapat kemudian diserahkan ke ibunya, untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga. “Sehari kadang dapat Rp. 20 ribu, lalu aku serahkan ke ibu semua. Tidak saya gunakan untuk jajan,” bebernya.

Pada wartawan, Rochmat mengaku tidak begitu kesulitan mengerjakan soal PTS sambil menggembala kambing. Mengingat, SMP tempat ia menimba ilmu menggunakan sistem PTS luar jaringan (luring).

Sementara gurunya, Panti Baridatus Syifa memang mengetahui aktivitas Rochmat yang saat mengerjakan PTS sambil menggembala kambing. Meski tergolong dari keluarga kurang mampu, namun semangatnya patut diteladani bagi bocah seusianya.

“Di sekolah, Rochmat dikenal sebagai siswa yang rajin dan selalu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru dengan baik,” ujar guru PAI itu. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :