Seorang Pelaku Penipuan Bermodus Gendam Berhasil Diamankan Polisi

oleh -3.354 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Satreskrim Polres Kudus berhasil mengamankan seorang pelaku penipuan, yang melakukan aksinya dengan menggunakan ilmu gendam.

Tersangka PA (34) berhasil diamankan Polisi Kudus

Tersangka PA (36) warga Kabupaten Pati, berhasil diamankan Polisi di Desa Puyoh RT 1/RW 2, Kecamatan Dawe, Kudus, usai melancarkan aksinya kepada salah satu warga.

Barang bukti berhasil diamankan dari tetsangka, berupa KTP, STNK, kalung emas, dan sejumlah uang tunai

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma melalui Kasatreskrim polres Kudus AKP Agustinus Davidmenyebut, kejadian bermula pada Jum’at (8/10) sekira pukul 16.00 Wib. Pelaku mendatangi rumah korban bernama Sutami warga Desa Puyoh RT 1/RW 2, Dawe. Dengan modus memberikan bantuan sebesar Rp 800.000 dan beras 10kg.

“Sembari menyampaikan maksud itu pelaku menepuk pundak korban. Dan tanpa disadari korban menyerahkan dua kalung emas dan satu liontin. Serta uang sebesar Rp 1.300.000,” jelasnya.

Setelah melancarkan aksinya itu, pelaku berpura-pura meminta anak korban untuk membelikan air mineral dengan dikasih uang 10 ribu. Pada kesempatan itulah pelaku melarikan diri dari rumah korban. Sementara korban masih belum sadar.

“Sekira pukul 18.00 wib setelah sholat magrib pelapor baru menyadari jika kalung emas dan uang korban hilang. Atas kejadian tersebut pelapor mengalami total kerugian Rp 6.650.000, dan melapor ke Polres Kudus,” tambahnya.

Lebih lanjut, beruntung aksi penipuan dengan modus ilmu gendam itu diketahui warga sekitar. Yang kemudian memberikan informasi mengenai identitas pelaku ke kepolisian. Pihak polres pun langsung bertindak. Sehingga pada Selasa (12/10) sekira pukul 16.00 wib pelaku dapat diamankan. Dan dibawa ke kantor Satreskrim polres Kudus.

“Dari pengakuan pelaku diketahui jika dia telah melakukan perbuatan penipuan dan atau pencurian kepada korban di beberapa tempat lainnya. Untuk itu kami lakukan penyelidikan lebih lanjut. Dan pelaku terancam pasal 378 KUHP dan atau 362 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan atau pencurian,” katanya.(yy/ym)

KOMENTAR SEDULUR ISK :