Serentak, Mahasiswa Ners UMKU Ikuti Praktek Keperawatan Komunitas di Tiga Kabupaten

oleh -1.015 kali dibaca
Sejumlah mahasiswa program studi nersUMKU saat menjelang pelepasan dalam praktek komunitas di sejumlah Desa dui 3 Kabupaten di Jawa Tengah (Foto: istimewa/humas)

Kudus, isknews.com – Mahasiswa program studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) mengadakan kegiatan Praktek Keperawatan Komunitas. Praktek kali ini dilaksanakan di tiga Kabupaten, diantaranya Kabupaten Grobogan di Desa Nambuhan, Kabupaten Sragen di Desa Jambanan, dan Kabupaten Kudus di Desa Medini dan Tumpang Krasak.

Menurut humas UMKU Azizah, desa yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat sesuai dengan tujuan dari praktik Keperawatan Komunitas.

“Kegiatan ini nantinya akan berlangsung selama 5 Minggu ini dimulai dari tanggal 18 Oktober sampai 20 November 2021. Temanya adalah Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat Bersama UMKU,” kata Azizah, (Senin (18/10/2021).

Menurut dia, diharapkan dari tema tersebut mahasiswa dapat bersama dengan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang Sehat.

“Praktek Klinik Keperawatan Komunitas ini merupakan salah satu dari 9 State Profesi Ners yang harus diselesaikan oleh mahasiswa,” katanya.

Oleh karenanya, secara rinci dijelaskan bahwa dilokasi tersebut mahasiswa secara langsung terjun di masyarakat melalui kegiatan musyawarah masyarakat desa, tabulasi permasalahan kesehatan di Desa, serta merencanakan dan mengimplementasikan kegiatan yang sudah di rencanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Praktek ini juga merupakan salah satu bentuk Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang rutin dilaksanakan Dosen dan Mahasiswa Keperawatan Ners UMKU. Kompetensi yang ingin dicapai dari Praktek Keperawatan Komunitas adalah Pemecahan Permasalahan Kesehatan, Tindakan Preventif dan Promotif serta Praktek Berorientasi pada Keluarga dan Masyarakat,” tandas Azizah. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.