Sering Banjir, Warga Payaman Kudus ini Jadikan Ruang Tamu ‘Kolam Ikan’

oleh -4,024 kali dibaca
Sukaenak,. warga Payaman Kecamatan Mejobo Kudus saat tenga berada di ruang tamu yang beralih fungsi sementara jadi kolam ikan. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Salah satu warga di Dukuh Karanganyar Desa Payaman Kecamatan Mejobo Kudus menjadikan ruang tamunya menjadi kolam ikan. Hal itu dipilihnya karena keadaan yang memaksa dan tidak ada pilihan lain.

“Genangan banjir dari awal januari 2023 sempat surut namun kembali meninggi lagi karena curah hujan tinggi,” kata Sekaenah (52) saat ditemui isknews.com, pada Senin (27/2/2023).

“Dengan keadaan pasrah, kami manfaatkan ruang tamu ini saya manfaatkan jadi kolam ikan dadakan, jadi jika saatbutuh ikan untuk lauk saya ambil dari kolam ini. Ikan-ikannya dari hasil pencarian suami dari menjala ikan di persawahan tidak jauh dari rumah,” sambungnya.

Kini, pintu depan ditutup rapat, supaya ikan tangkapannya tidak lepas. Sedangkan bagian dapur dan kamar miliknya aman. Karena lantainya sudah ditinggikan. Hanya bagian tamu yang lantainya berbentuk cekungan belum tinggi.

Genangan banjir di sekitar rumahnya cukup dalam. Terutama di bagian ruang tamu kedalamannya mencapai 70 sentimeter.

Sekaenah yang tinggal bersama suami dan cucunya itu mengaku hanya bisa pasrah. Terlebih, jika dari ruangan tengah mau ke ruangan kamar depan (bersebelahan dengan ruang tamu), maka penghuni rumah harus rela basah melewati ruang tamu yang dipenuhi air itu. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :