Sinergi dalam Pola Belajar Melalui Program Guru Mengajar Melalui Radio

oleh -193 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Berbagai cara dilakukan agar tetap dapat belajar di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda. Para pelajar di Kabupaten Kudus belum lama ini mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) tanpa harus menggunakan telepon genggam. Caranya melalui siaran radio.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Harjuna Widada melalui  Kabid Dikdas, Dian Vitayani Winahyu mengatakan pihaknya mengeluarkan terobosan yang memungkinkan para peserta didik tetap bisa mengikuti PJJ meskipun tidak memiliki ponsel. “Dalam hal ini Disdik Kudus bekerja sama dengan Radio Suara Kudus yang merupakan radio pemerintah daerah. Hasilnya PJJ dapat berjalan baik,” katanya pada Selasa (3/11/2020).

Sistem ini menjadi cara mengatasi kesulitan akses internet, maupun orang tua siswa yang tak memiliki telpon pintar. Program mengajar melalui siaran radio sudah berjalan dari Senin (2/11/2020) hingga tanggal  25 November 2020 mendatang, dengan cara siswa mendengarkan materi pelajaran dari guru melalui radio. Menurut Dian, sejauh ini pembelajaran melalui siaran radio tersebut mendapat respons yang baik dari orang tua dan siswa di wilayah itu. “Jadi, selain belajar daring, pembelajaran melalui siaran radio ini juga dapat dilakukan untuk mengatas kejenuhan siswa di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya.

Dian menambahkan, Dibutuhkan peran orang tua mengenalkan anak ke radio, apalagi dengan adanya pembelajaran lewat radio. Setidaknya ini menjadi pengalaman yang luar biasa baik bagi guru maupun bagi siswa. Rencananya lanjut Dian, tahun depan program ini tetap akan dilanjutkan kembali. Meski untuk saat ini hanya berjalan selama bulan November, karena untuk Desember sudah mulai memasuki  semesteran. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :