Siswa MAN 2 Kudus Sabet Emas di Ajang RCAP Tianjin Invitational Tournament 2021

oleh -746 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Prestasi Internasional ditorehkan siswa MAN 2 Kudus Yudhistira Abrori (17 tahun). Ya, remaja kelas XI MIPA itu meraih juara pertama dalam kategori RCAP CoSpace Autonomous Driving Challenge U19 (Online) pada RoboCup Asia-Pacific Tianjin Invitational Tournament 2021 yang diselenggarakan oleh RoboCup Asia-Pacific (RCAP) Confederation secara online pada tanggal 19 – 24 Mei 2021.

Dalam event tahunan tersebut, Ia berhasil memenangkan persaingan ketat dengan peserta lain yang berasal dari berbagai belahan negara diantaranya China, Jepang, Brazil, Rusia, Iran, Mesir dan Singapura.

Pengumuman lomba diadakan tanggal 23 mei 2021, mendapatan medali, dan sertifikat, dan untuk penyerahan seremonialnya tanggal 12 juni 2021 secara virtual.

Selain menyabet juara I, Ia juga meraih penghargaan Juara II Influencer Award (Community Awareness) dan Juara II – Award (Educational Value).

Yudhistira saat ditemui isknews,com mengatakan, sebelum masik grand final, sebelumnya menyiapkan proposal terlebih dahulu, pengumuman lolos, lalu ada presentasi, lolos masuk nominasi, gladi bersih, masuk grand final.

Grand final Lomba dilaksanakan saat lebaran kedua, pukul 17.00 sore hingga 20.00 WIB. Yudhistira menceritaan saat grand final diberi waktu 3 jam saja, “Saat memprogram diberi waktu selama 3 jam, 15 menit sebelumnya telah diberikan rute oleh juri, baru di download, lalu dianalisis dulu,” jelasnya.

Lebih lanjut Ia memprogram suatu robot kendaraan tanpa sopir yang digunakan untuk mengikuti rute virtual dengan jarak sekitar 400 meter, melewati cek poin tertentu hingga sampai ke tujuan akhir. Ia mengatakan jika di pakai di masa depan, kendaraan tersebut bisa dipakai sama ojek online.

Sementara Kepala MAN 2 Kudus Drs. Shofi, M.Ag merasa bersyukur dengan capaian gemilang peserta didiknya. “Bersyukur sekali karena keberhasilan ini menambah semangat lagi bagi MAN 2 Kudus untuk terus berjuang lebih baik lagi dengan semangat kompetitif dan torehan prestasi ini merupakan sebuah pembuktian bahwa madrasah mampu bersaing di bidang teknologi robotika dengan negara-negara luar,” ujarnya saat ditemui isknews.com, Jumat (11/6/2021).

Prestasi ini, lanjutnya, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Dimana ditengah keterbatasan akibat pandemi, siswa tetap menunjukkan eksistensinya melalui torehan prestasi di kancah internasional. Ia  juga berharap keberhasilan ini dapat menjadi inspirasi bagi peserta didik lainya.

“Semoga prestasi yang diperoleh siswa kami Yudhistira Abrory dapat menginspirasi anak-anak madrasah di belahan Indonesia yang lainnya, khususnya dikalangan siswa kami lainnya. Meskipun saat ini kita berada di masa pandemi Covid-19 dan pembelajaran dilakukan secara daring, siswa-siswi MAN 2 Kudus harus tetap semangat untuk belajar dan meraih prestasi,” pesan Shofi. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :