SMP 4 Kudus Peringati HUT ke-36, Siswa Diajarkan Berbagi terhadap Sesama

oleh -1,667 kali dibaca

Kudus, isknews.com – SMP 4 Kudus telah memasuki usia ke-36 tahun, Dengan mengangkat tema ‘Berbagi Menyatukan Hati’, pihak sekolah memperingatinya dengan berbagai acara, salah satu diantaranya dengan mengadakan bakti sosial.

Kepala SMP 4 Kudus, Dedi Triaprianto mengatakan jika HUT tahun ini, pihaknya mengajarkan siswanya untuk berbagi, dan ternyata banyak sekali perolehan sumbangan dari siswa maupun guru dan staff.

Kegiatan bertajuk dari kita oleh kita dan untuk kita itu sifatnya sukarela atau tidak memaksa karena menurut kemampuan masing-masing.

“Kita ajarkan berbagi dengan sukarela, setiap siswa dibebaskan memilih membawa salah satu diantara sembako, ada beras, gula, minyak goring, sarimi dan lainnya. Sesampainya di sekolah dikumpulkan, lalu diberikan ke siswa atau karyawan yang membutuhkan, dan jika ada lebihnya maka akan diberikan ke panti asuhan,” jelas Dedi saat ditemui isknews,.com, Senin (22/11/2021).

“Berbagi bagi kami itu penting, Karena bisa mengajarkan solidaritas dan memberikan rasa empati, saling memperhatikan dan membantu sesame,” imbuhnya.

Ia menyebut jika perayaan tahun ini sedikit berbeda, jika sebelum pandemi ada peringatan meriah, tahun ini diadakan sederhana namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ada berbagai lomba yang dilaksanakan,  baik secara virtual (siswa mengirimkan video ke juri) dan non virtual (tatap muka di ruangan hall sekolah).

“Kita adakan lomba diantaranya lomba geguritan, vocal, yel-yel, lomba tilawah, lomba pidato bahasa Indonesia melalui video lalu dikirim ke juri, yang tidak melalui video atau tatap muka hanya lomba lukis desain batik, di ruangan indoor. Sebelumnya setiap kelas diwakili 1 anak, Jadi wali kelas menunjuk siapa yang mewakili untuk kompetisi,” bebernya.

Sebelumnya telah digelar kegiatan Apel, gunting pita dan pelepasan balon, khotmil qur’an dan doa bersama, dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng.

Disamping itu, kata Dedi, Karena disini sekolah Adi Wiyata, pihaknya juga peduli dengan lingkungan.

Hal itu menurutnya, di samping ada kegiatan lomba jasmani, ada juga kegiatan rohani, jadi seimbang.

Baru-baru ini, lanjut Dedi, SMP 4 Kudus mempunyai slogan ‘Wasis Optimal’, yakni menjadi menjadi Insan yang Bertaqwa, Siswa Berprestasi, Santun dan Optimis di situasi apapun. Dimana  ada 4 kecerdasaran yag ditonjolkan, yakni cerdas spiritual, moral, sosial dan cerdasa secara intelektual

“Wasis Optimal baru rumuskan kemarin bersama tim, tapi tetap mengadopsi visi misi yang sudah ada,” tandasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :