SMP-SMA Al-Ma’ruf Kudus Launching Laboratorium PAI Digital

oleh -1,719 kali dibaca
Kepala Kantor Kemenag Kudus, Suhadi saat mengetuk jidur sebagai tanda peresmian (launching) laboratorium PAI digital di SMP-SMA Al-Ma'ruf Kudus, Selasa (23/11/2021). (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM).

Kudus, isknews.com – Laboratorium PAI digital di SMP dan SMA NU Al-Ma’ruf Kudus dilaunching, Selasa (23/11/2021). Hadir dalam acara tersebut, dari Cabang Dinas wilayah III, Kemenag Kudus, Disdikpora Kudus, KKG PAI Kudus dan segenap tamu undangan.

Kepala SMP Al-Ma’ruf Kudus, Miftah menjelaskan sebelum ada laboratorium PAI digital tersebut, Pihaknya ditunjuk dari dinas propinsi, lalu menunjuk kemenag Kabupaten dalam hal ini Kasi pendidikan agama islam (PAIS) melalui koordinasi MGMP SMP beberapa waktu lalu memberikan petunjuk kepada SMP-SMA NU Al-Ma’ruf Kudus untuk pilot project dalam pembuatan laboratorium agama digital,

“Jadi mulai oktober sudah kita mulai penataan, yang asalnya gudang kita sulap jadi laboratorium PAI digital. Dan Hari ini dari Cabang Dinas wilayah III, Kemenag Kudus, Disdikpora Kudus, KKG semua hadir, dan mendukung, untuk itu kami ucapkan terima kasih,” ucapnya.

Terkait alamatnya, kata Miftah, bisa mengunjungi LINK LAB PAI DIGITAL SMP NU AL MA’RUF KUDUS : https://sites.google.com/admin.smp.belajar.id/labagamasmpalmaruf/home

Ia mengatakan sebelum di upgrade jadi laboratorium digital tersebut, laboratorium agama di sekolahnya sudah ada sejak tahun 2005 silam, waktu itu digunakan untuk praktek anak, karenanya biar tidak terjadi kekaburan dalam menangkap pembelajaran.

“Laboratorium agama di SMP NU Al-Ma’ruf itu kita upgrade ke digital supaya lebih memudahkan dan bisa dijangkau semua lapisan masyarakat, maket di dalamnya kita perbarui seperti terkait pembelajaran haji, ada maket ka’bah, hijr ismail, makam Ibrahim, denah shofa marwa, sehingga anak menjadi konkrit, sampai pernikahan kami adakan simulasi praktek,” terangnya.

Materinya tidak hanya di PAI, tapi ada muatan lokal diantaranya Alqur’an hadist, aqidah akhlak, bahasa arab, praktek ibadah dan keNUan, kami menyebutnya Laboratorium Agama digital plus, “Plus disini karena ada muatan lokal yang dimasukkan,” tandasnya.

“Saya harapkan dengan adanya media tersebut, kita harus siap jadi bengkel akhlak kemandirian anak dan karakter anak, seperti slogan kita JUARA, Jujur, Unggul, Amanah, Rajin dan Ahlussunnah Waljama’ah,” imbuhnya.

Sementara itu, di hari yang sama launching laboratorium PAI digital juga dilaksanakan oleh SMA NU Al-Ma’ruf Kudus.

Adapun persiapan sebelumnya memakan waktu sekitar sebulan lebih, “Jadi mau tidak mau kita harus melengkapi laboratorium tersebut dengan didukung digitalisasi, supaya nantinya, bisa masuk di media youtube, medial sosial dan link-link yang bisa di download,” tutur Kepala SMA NU Al-Ma’ruf Kudus, Anas Ma’ruf.

Terkait alamanya bisa mengunjungi LINK LAB PAI DIGITAL SMA NU AL MA’RUF KUDUS : http//labpaismanualmaruf.com, Username : smanualmaruf, Password : labpai2021

“Harapan nya bisa memberikan wacana dan hasanah baru khususnya saat pembelajaran kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Link tersebut tidak hanya anak sekolah masyarakat pun bisa mendownloadnya. Harapanya bisa memberikan kontribusi positif dan pencerahan semua pihak. Misal ada masalah yang belum jelas, disana bisa diakses dan dipelajari semua lapisan. Jadi siswa tidak  hanya terampil, cerdas berkarakter, namun juga menambah iman dan taqwa,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :