SMPN 1 Kudus Adakan Lomba Menggambar Wali Kelas, Semarakkan HUT Ke-76 PGRI

oleh -456 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dalam rangka memperingati HUT Ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional, SMPN 1 Kudus menggelar lomba menggambar wali kelas, Kamis (25/11/2021).

Lomba diikuti oleh 24 siswa yang merupakan wakil dari masing-masing kelas, baik kelas 7, kelas 8, dan kelas 9.

Kepala SMP 1 Kudus, Ahadi Setiawan, menyampaikan, penyelenggaraan lomba menggambar wajah wali kelas disebut sebagai bentuk rasa hormat dan penghargaan oleh siswa kepa masing-masing wali kelasnya.

“Karena wali kelas adalah orangtua di sekolah, jadi kita adakan lomba ini supaya anak terkesan dengan wali kelasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Guru Seni Rupa SMPN 1 Kudus, Hasan Sunarto, menambahkan, lomba menggambar ini ditujukan pula untuk memberikan persembahan terbaik berupa karya asli dari siswa. Hal ini karena, setelah rampung, gambar tersebut akan diserahkan langsung kepada wali kelasnya masing-masing.

“Kemudian, kita juga memacu kreatifitas siswa dan memotivasi mereka untuk mencoba berbagai jenis gambar, kalau saat ini menggambar wajah wali kelas,” katanya.

Nantinya, lanjut Hasan, masing-masing akan dipilih juara terbaik. Sistem penilaian ini dipilih berdasarkan ketepatan karakter, proporsi gambar, anatomi, gelap-terang, serta komposisinya.

“Kita lihat bagaimana anak menuangkan kreatifitasnya di atas keas A3,” tandasnya.

Salah satu siswa yang ikut menggambar, Felix Aditya, siswa kelas 9A, mengaku baru pertama kali menggambar wajah. Biasanya di lebih menyukai gambar dalam bentuk doodle.

“Kalau kesulitan di menggambar wajah ini tu di mata dan kaca matanya,” tuturnya.

Meski demikian, dengan waktu pengerjaan dua setengah jam, dia sangat menikmati satu pola demi pola lainnya. Menurutnya, menggambar wajah wali kelas ini sangat menantang. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :