SPO 2020 Hari Terakhir Banyak Warga Yang Gagal Login, Ini Solusinya

oleh

Kudus, isknews.com – Sensus Penduduk Online (SPO) melalui portal Badan Pusat Statistik (BPS) secara serentak se Indonesia berakhir hari ini, Jumat (29/5/2020). Sensus penduduk ini telah dibuka sejak 15 Februari 2020. Bagi masyarakat yang belum mengisi Sensus Penduduk Online, masih ada waktu bebrapa jam kedepan untuk dapat mengakses di website “sensus.bps.go.id.”.

Dari pantauan media ini sejumlah warga Kudus tampak berusaha melakukan pengisian SPO di hari terakhir. Namun banyak pula yang gagal melakukan login saat akan masuk ke ebsite tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Zjuhed Noor (50) dirinya mengaku sejak semalam telah berusaha melakukan pengisian SPO, namun selalu mengalami gagal login dan sempat diulang-ulang berkali-kali hingga hari ini.

Tak hanya Zjuhed yang nampak panik melakukan pengisian SPO, hal itu akibat pengisian SPO menjadi tugas sekolah dari anak-anak mereka. Tampak sejumlah ibu rumah tangga juga mengunjungi ketua RT untuk berkonsultasi tentang hal ini.

TRENDING :  Aktifis Tuntut Aparat Penegak Hukum Tindak Lanjuti Praktek Gratifikasi di Lingkungan Pemkab Kudus

Ida Sofia Rini, Kasi Statistik Sosial BPS Kabupaten Kudus, saat di konfirmasi oleh media ini mengatakan, saat ini traffic ke halaman sensus.bps.go.id terdeteksi cukup tinggi.

“Apabila mengalami gagal login, silakan diperiksa terlebih dahulu bila ada typo pada penulisan NIK dan KK, lalu pastikan juga merefresh kode captcha sebelum diiinput dan klik “cek keberadaan”,” katanya, Jumat (29/05/2020).

Ida Sofia Rini, Kasi Statistik Sosial BPS Kabupaten Kudus dan staf operator (Foto: YM)

Bila masih belum bisa, menurutnya silakan untuk mencoba login lagi dalam beberapa jam saat traffic tidak terlalu padat.

Dijelaskannya  hingga Kamis, 28 Mei 2020 atau sehari sebelum penutupan hari ini, periode pengisian Sensus Penduduk Online berakhir jumlah warga Kudus yang sudah melakukan pengisian Sensus Penduduk Online yaitu sudah sebanyak 319.273 orang atau kalau dalam jumlah keluarga atau Kartu Keluarga (KK) ada sebanyak 82.531 keluarga.

TRENDING :  Pembangunan Ruko Belum Kantongi IMB Didatangi Satpol PP

“Jadi pengisian Sensus Penduduk Online di kabupaten Kudus  yang ditarget 36,97 persen, hingga kemarin sudah mencapai 83,02% harapannya dari terakhir ini kita bisa mencapai target 100 persen dari angka target 36,97 persen,” ujar Ida di kantornya kompleks Perkantoran Mejobo Kudus.

Menurutnya BPS Kudus tidak menargetkan 100 % karena dalam Sensus Penduduk Online itu diperlukan gadged.

“Karena tak semua warga Kudus memiliki gadged dan melek teknologi IT, terutama untuk yang berada di kawasan pelosok wilayah,” katanya.

Kepada warga yang belum atau gagal melakukan pengisian Sensus Penduduk Online akan didatangi petugas di bulan September nanti . “Dengan tujuan seluruh warga Kudus itu terdata semua ,” tuturnya.

TRENDING :  DPC APSI Kudus Dilantik Wadah Berhimpun Para Advokat Berlatar Sarjana Syariah

Saran dia kepada warga yang hingga hari ini belum bisa login ke website BPS karena padatnya lalu lintas yang akan melakukan entri data. Disarankan harus selalu bersabar kalau login gagal.

“Solusi ketika sulit untuk login ke halaman, refresh halaman dan pastikan koneksi lancar, jika masih stuck gunakan mode incognito atau model penyamaran, atau coba lagi dengan mengganti browser seperti Chrome, Firefox, Safari  yang terupdate,” pesannya.

Diingatkannya untuk selalu dicoba terus, karena memang kebiasaan kita itu selalu antusias di waktu awal dan diwaktu akhir.

“Mengisi di awal karena penasaran, lalu di akhir karena takut tidak terdaftar sehingga pada hari ini memang padat lalu lintas pengunjung website.  Apalagi  sejak ada kerjasama dengan Disdikpora  dan Kemenag Kudus,” tandasnya.

Diakuinya, sejak adanya kerjasama dengan kedua lembaga tersebut BPS mengalami kemajuan data yang signifikan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :