Suci dan Arya Bersepeda Sejauh 2 Kilometer Agar tak Ketinggalan Materi MPLS

oleh -127 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Suci Dwi Anggraeni dan Arya Dwi Surya dengan bersepeda harus bolak-balik sejauh 2 kilometer, agar tak ketinggalan materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun Ajaran 2020/2021 yang dilaksanakan secara daring.

Alasan mereka ke sekolah lantaran tidak adanya HP di rumah dan mengingat pentingnya kegiatan tersebut, maka harus mengikuti kegiatan MPLS yang dilaksanakan 2 hari kedepan.

Suci mengaku dulu sewaktu SD mereka dibantu oleh temannya dalam melakukan pembelajaran online.

“Dulu kalau ada tugas dikasih tahu teman, Kita ngumpulin tugas sekolah pakai HP dia,” ujarnya.

Secara tegas Suci maupun Arya mengaku tidak masalah harus mengikuti MPLS maupun pembelajaran di sekolah.

Sementara Kepala SMP 5 Kudus, Abdul Rochim menjelaskan bahwa pelaksanaan MPLS dilakukan secara online melalui WhatsApp Grup dan YouTube. Meski daring, Rochim berharap para siswa baru dapat kenal guru serta lingkungan sekolahnya.

Tahun ajaran baru ini pihaknya menerima sebanyak 248 siswa baru. Dari jumlah tersebut tujuh orang diantaranya diketahui tidak memiliki ponsel.

“Ada yang ponselnya dipakai orang tua. Ada yang benar-benar tidak punya, seperti Surya dan Suci ini,” ujarnya.

Rochim mengatakan tujuh siswa tersebut sudah ditawari pihaknya untuk mengikuti MPLS online di sekolah. Namun dalam pelaksanaannya hanya dua siswa yang datang ke sekolah.

“Dari tujuh itu, hari ini yang ke sekolah hanya dua. Yang lima mungkin pinjam HP saudara atau tetangganya,” ungkapnya.

Saat ini, masih kata Rochim, pihaknya tengah mengupayakan ketujuh siswa ini memiliki ponsel. Dengan membuka donasi ponsel bagi mereka.

“Kami galang donasi dari guru maupun orang tua siswa. Yang punya HP tidak terpakai, bisa dihibahkan untuk bantu pembelajaran siswa yang tidak memiliki HP. Saat ini sudah ada dua HP. Ini nanti akan kami salurkan ke siswa yang membutuhkan,” terangnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :